News
·
24 September 2020 9:18

Zoom Fatigue dan Bagaimana Cara Mengatasinya

Konten ini diproduksi oleh Berita Update
Zoom Fatigue dan Bagaimana Cara Mengatasinya (116269)
Zoom Fatigue. Foto: Dok. Boston Digital
Zoom fatigue merupakan fenomena yang lumrah dalam beberapa bulan ini, terutama saat pembelajaran jarak jauh dan WFH mulai diterapkan. Zoom fatigue bisa menjadi sangat membahayakan dan mengganggu bagi para penggunanya, oleh karena itu kita harus mengetahui apa yang menyebabkan zoom fatigue dan bagaimana cara mengatasinya.
ADVERTISEMENT

Penyebab Zoom Fatigue dan Cara Mengatasi

Zoom Fatigue dan Bagaimana Cara Mengatasinya (116270)
Zoom Video. Foto: Dok. Entrepreneur
Mengutip dari situs GridHealth.id, seorang profesor di Insead bernama Gianpiero Petriglieri mengatakan bahwa melakukan video call membutuhkan lebih banyak fokus daripada obrolan tatap muka. Obrolan video berarti perlu bekerja lebih keras untuk memproses isyarat non-verbal seperti ekspresi wajah, nada suara, dan bahasa tubuh. Tuntutan untuk lebih fokus ini mengonsumsi banyak energi.
Lebih lanjut, ia menambahkan bahwa faktor lain yang menyebabkan kelelahan tersebut disebabkan oleh penggunaan kamera yang membuat seseorang seperti merasa diawasi. Ketika on cam atau berada di layar, semua perhatian tertuju pada kita dan hal itu juga yang membuat kita merasa tertekan.
Cara Mengatasi Zoom Fatigue
Zoom Fatigue dan Bagaimana Cara Mengatasinya (116271)
Zoom Fatigue. Foto: Dok. Parents.com
Berikut ini beberapa cara dalam mengatasi Zoom Fatigue yang dilansir dari situs Harvard Business Review:
ADVERTISEMENT
1. Hindari multitasking.
Mudah untuk berpikir jika melakukan banyak hal dalam waktu yang singkat maka akan menyelesaikan pekerjaan dengan lebih cepat. Namun, berdasarkan penelitian, multitasking membuat performa kita malah menurun. Selanjutnya, jika anda sedang melakukan Zoom video, pastikan untuk menutup tab/program pekerjaan lainnya untuk menghindari distraksi.
2. Rehat Sejenak
Beristirahatlah sebentar dari Zoom video dan alihkan perhatian dari laptop/perangkat anda untuk waktu yang singkat. Berikan waktu untuk mata anda beristirahat.
3. Alihkan Video Zoom ke Telepon atau Email
Melakukan meeting tidak selalu harus menggunakan aplikasi Zoom. Cobalah meminta kesempatan kepada kolega anda untuk mengalihkan meeting dari video Zoom ke Email atau menggunakan telepon. (LA)
sosmed-whatsapp-whitesosmed-facebook-whitesosmed-twitter-whitesosmed-line-white