News
·
27 Januari 2021 11:05

Ban Pesawat Hilang saat Hendak Mendarat, Ternyata Jatuh di Pemukiman Warga

Konten ini diproduksi oleh Berita Viral
Ban Pesawat Hilang saat Hendak Mendarat, Ternyata Jatuh di Pemukiman Warga (311878)
searchPerbesar
Ilustrasi pesawat Foto: shutter stock
Sebuah pemukiman warga di Chicago, Amerika Serikat, dikejutkan dengan benda besar yang tiba-tiba terjatuh dari langit. Setelah diperiksa, ternyata benda tersebut adalah ban pesawat yang sempat dikabarkan menghilang ketika hendak mendarat.
ADVERTISEMENT
Mengutip dari People, Associated Press melaporkan sebuah pesawat bermesin tunggal jenis Pilatus PC-12 yang terbang dari Ironwood, Michigan pada Kamis lalu, menuju kota tetangga di Chicago, kehilangan bannya ketika ingin mendarat.
Ternyata, ban pesawat tersebut terjatuh di salah satu pemukiman warga. Hal tersebut seperti dikonfirmasi oleh juru bicara Administrasi Penerbangan Federal dan Dewan Keselamatan Transportasi Nasional (FAA).
Beruntung, meski kehilangan satu ban, Jubir FAA mengatakan pesawat Boutique Airlines berhasil mendarat dengan selamat di Bandara Internasional O'Hare sekitar pukul 18.40 waktu setempat.
Ban Pesawat Hilang saat Hendak Mendarat, Ternyata Jatuh di Pemukiman Warga (311879)
searchPerbesar
Ban pesawat jatuh di pemukiman warga. (Foto: Armando L. Sanchez/Chicago Tribune/AP)
Dari keterangan Rose Bock, penduduk pemukiman di Jefferson Park yang berjarak 11 km dari bandara, mengaku mendengar suara ledakan keras ketika ban pesawat tersebut jatuh dari langit.
"Saya tidak tahu apa itu. Saya tidak tahu kalau itu ada di rumah saya, saya memeriksa ruang bawah tanah, semua. Saya tak benar-benar melihat keluar rumah,” kata Rose.
ADVERTISEMENT
Shonah Grant yang juga merupakan warga sekitar lah penemu ban tersebut. Ia dan suaminya baru kembali dari jalan-jalan ketika mereka menemukan ban pesawat di dekat teras depan rumah.
Kala peristiwa itu terjadi, anak Shonah juga tengah berada di rumah. Seperti Rose, sang anak juga sempat mendengar suara ledakan besar ketika ban pesawat jatuh ke tanah dari atas langit.
Ban Pesawat Hilang saat Hendak Mendarat, Ternyata Jatuh di Pemukiman Warga (311880)
searchPerbesar
Ilustrasi pesawat mesin tunggal. Foto: Dok. Angkasa Pura Logistik
“Itu agak menakutkan karena di mana kita tinggal berada tepat di jalur penerbangan ke O'Hare. Biasanya pesawat besar terbang di atas kami. Syukurlah pesawat itu kecil, tapi ini benar-benar seperti mimpi,” ungkap Shonah.
Saat mendarat, Departemen Penerbangan Chicago menyebut pesawat yang kehilangan roda sempat menimbulkan percikan api ketika menyentuh landasan. Beruntung mereka bisa mendarat dengan selamat.
ADVERTISEMENT
Menurut Jubir FAA, ada tujuh orang dalam pesawat saat kejadian tersebut. Adapun rombongan itu terdiri dari dua orang kru dan lima penumpang. Tak ada yang terluka, baik di pemukiman maupun penumpang pesawat. (bob)