News
·
19 Maret 2021 10:25

Canggih, Alat Ini Bikin Belanja di Supermarket Bisa Bayar Pakai Botol Bekas

Konten ini diproduksi oleh Berita Viral
Canggih, Alat Ini Bikin Belanja di Supermarket Bisa Bayar Pakai Botol Bekas (281238)
searchPerbesar
Sampah botol bisa buat belanja. (Foto: @lonastefan/TikTok)
Seorang perempuan dan suaminya yang mendemonstrasikan cara belanja menggunakan botol plastik bekas air mineral baru-baru ini sukses menyita perhatian publik. Sebab, dengan membawa sekarung botol, ia dapat membeli berbagai keperluan sehari-hari.
ADVERTISEMENT
Sebelumnya diketahui, pencemaran lingkungan merupakan salah satu masalah yang masih sulit diatasi di Indonesia. Sampah botol plastik kemudian jadi salah satu yang paling banyak dan hampir selalu ada di tempat yang tercemar.
Namun, seorang perempuan yang tinggal di Jerman memperlihatkan mesin yang tampaknya bisa menjadi solusi sampah botol air mineral di Indonesia. Momen ketika sampah botol bisa jadi lebih berguna tersebut dibagikan akun @lonastefan di TikTok pada 5 Maret 2021.
Dalam video berdurasi kurang dari semenit tersebut, perempuan bernama Lia Permata Ade Lona Rajagukguk dan Stefan Dresler membagikan kegiatan sebelum berbelanja kebutuhan sehari-hari.
Canggih, Alat Ini Bikin Belanja di Supermarket Bisa Bayar Pakai Botol Bekas (281239)
searchPerbesar
Sampah botol bisa buat belanja. (Foto: @lonastefan/TikTok)
Adapun Stefan tampak membawa dua buah karung berbahan plastik dengan warna hijau yang berisikan botol bekas air mineral. Ternyata, botol bekas tersebut bakal dimasukkan ke dalam mesin yang telah disediakan, sebagai gantinya diberikan kupon belanja.
ADVERTISEMENT
“Belanja pakai botol bekas, cek! Kira-kira kita dapet berapa hari ini, ya?” kata Lona dalam video.
Dijelaskan oleh Lona, setiap jenis botol mempunyai harga yang beragam. Mulai dari 0,15 euro hingga 0,25 euro bisa didapatkan dari tiap botol yang dimasukkan ke dalam mesin pengolahnya.
Kemudian, Lona memperlihatkan proses ketika Stefan memasukkan satu per satu sampah botol bekas air mineral ke dalam mesin tersebut. Terdapat satu lubang dan indikator yang bisa menandakan botol telah masuk.
Total dari 60 botol, Lona dan Stefan mendapatkan kupon potongan belanja 14,9 euro atau setara dengan Rp256 ribu rupiah. Kupon itu langsung mereka gunakan, membuat biaya belanja yang seharusnya 39,95 euro (Rp688 ribu) jadi 25,05 euro (Rp432 ribu).
ADVERTISEMENT
“Pak Jokowi, kapan Indonesia punya metode seperti ini?” ujar Lona.
Kini unggahan tersebut pun viral, ditonton hingga lebih dari 1,7 juta kali dan disukai oleh lebih dari 200 ribu orang. Beragam komentar diberikan warganet, kebanyakan yang merasa kaget dengan cara tersebut.
“Tapi di sana kalau beli minuman bayar botolnya juga, jadi sama aja bohong,” ujar akun @natnath22.
“Bukan sama aja bohong, tapi biar kalian juga abis pake gak buang sembarangan karena itu uang,” sebut akun @grafteray. (bob)