News
·
15 April 2021 11:04

Kisah Seru Pilot Selamat usai Terdampar 38 Hari di Hutan Amazon

Konten ini diproduksi oleh Berita Viral
Kisah Seru Pilot Selamat usai Terdampar 38 Hari di Hutan Amazon (31918)
searchPerbesar
Antonio Sena berhasil selamat usai terdampar di hutan Amazon. (Foto: AFP/Marcelo Seabra)
Seorang pilot dilaporkan terpaksa melakukan pendaratan darurat lantaran mesin pesawat Cessna 210 yang ditumpanginya mati. Hal tersebut berujung pada dirinya yang terdampar selama 38 hari di hutan Amazon, Brasil.
ADVERTISEMENT
Mengutip AFP, peristiwa tersebut dialami pilot asal Brasil, Antonio Sena. Terjebaknya ia di tengah hutan hujan terbesar di dunia memberinya pelajaran berharga dalam hidup untuk tidak lagi mengambil pekerjaan mengantar kargo ke sebuah pertambangan ilegal.
Diceritakan, dalam perjalanan dari kota Alenquer ke pertambangan emas ilegal bernama ‘California’, Sena terbang dalam ketinggian 1.000 meter. Ia yang sadar mesinnya mati di tengah perjalanan pun langsung melakukan pendaratan darurat di sebuah bukit.
Selamat meski belepotan dengan bensin, pria berusia 36 tahun itu buru-buru mengambil barang-barang berguna seperti ransel, tiga botol air, empat soft drink, roti, tali tambang, kotak medis, macis, dan lampion. Tak lama setelah menjauh, pesawatnya pun meledak.
Kisah Seru Pilot Selamat usai Terdampar 38 Hari di Hutan Amazon (31919)
searchPerbesar
Ilustrasi Hutan Amazon. Foto: AFP/MAURO PIMENTEL
Lima hari terdampar, pada 28 Januari 2021, Sena mendengar mesin pesawat penyelamat lewat, diduga mencarinya. Namun, hutan rimbun membuat penyelamat gagal menemukan Sena. Sejak itu tak ada lagi yang lewat, diasumsikan Sena mereka sudah menyerah..
ADVERTISEMENT
"Saya sangat terpukul. Saya pikir saya tidak akan pernah bisa keluar, bahwa saya akan mati," kata Sena ketika diwawancarai AFP di Brasilia, rumahnya.
Bermodalkan GPS di ponselnya, ia terus berjalan ke arah timur hingga akhirnya melihat dua jalur udara. Cahaya matahari jadi penanda buatnya agar tak tersasar, sambil mengingat pelatihan pertahanan hidup yang pernah diikutinya.
"Ada air, tapi tak ada makanan. Dan saya rentan terdeteksi predator seperti jaguar, krokodil, dan anakonda,” ujar pria asal Brasil itu.
Kisah Seru Pilot Selamat usai Terdampar 38 Hari di Hutan Amazon (31920)
searchPerbesar
Antonio Sena berhasil selamat usai terdampar di hutan Amazon. (Foto: AFP)
Alhasil, demi bertahan hidup, ia memakan buah-buahan yang dimakan para monyet. Untungnya, ia berhasil menemukan tiga telur burung tinamou biru, satu-satunya sumber protein selama terdampar. Selain makanan, rasa ingin pulang untuk bertemu orang tua dan keluarga juga jadi motivasinya.
ADVERTISEMENT
Sejauh 28 km Sena berjalan, ia kehilangan 25 kg berat badan. Pada hari ke-35, ia mendengar suara asing yang ternyata gergaji. Ia mulai berjalan ke arah suara tersebut dan akhirnya ke sebuah kamp para pengumpul kacang.
Melihat kondisi Sena yang tiba-tiba muncul, para pengumpul kacang pun terkejut dan langsung melakukan penyelamatan. Mereka menghubungi ibu Sena untuk mengabarkan bahwa anaknya selamat.
Pemimpin kamp, Maria Jorge dos Santos Tavares, yang selama lima dekade terakhir mengumpulkan kacang bersama keluarganya menjadi penyelamat Sena. Ia kemudian memberikan air dan pakaian kepada Sena.
Kisah Seru Pilot Selamat usai Terdampar 38 Hari di Hutan Amazon (31921)
searchPerbesar
Antonio Sena berhasil selamat usai terdampar di hutan Amazon. (Foto: AFP/Evaristo Sa)
"Dia memberi saya makanan dan pakaian bersih. Saya sayang sekali sama mereka," ujar Sena.
Pria kelahiran Santarem, kota kecil di persimpangan sungai Amazon dan Tapajos itu mengaku sejatinya orang asli Amazon dan pecinta hutan hujan. Pandemi membuatnya terpaksa mencari nafkah dengan cara ilegal usai restorannya bangkrut.
ADVERTISEMENT
Sena kemudian membantu penambang emas ilegal yang mencemarkan sungai dengan zat merkuri. ia pun belajar dari penyelamatnya yang merupakan pecinta hutan usai sebelumnya bekerja untuk orang yang akan menghancurkannya.
“Terlepas dari kejadian yang menuntun saya ke penerbangan itu, ditemukan keluarga yang bekerja selaras dengan alam, yang tidak merusak hutan, itu ajaib. Satu hal yang pasti: Saya tidak akan pernah terbang untuk penambang ilegal lagi,” ujar Sena yang kisahnya viral tersebut. (bob)
Baca Lainnya
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020