News
·
20 Oktober 2020 15:58

Lintas Negara, Rumah Ini Ruang Tamunya di Indonesia tapi Dapur di Malaysia

Konten ini diproduksi oleh Berita Viral
Lintas Negara, Rumah Ini Ruang Tamunya di Indonesia tapi Dapur di Malaysia (326207)
Rumah di perbatasan Indonesia-Malaysia. (Foto: @keykokey/TikTok)
Sebuah rumah yang berada di perbatasan Indonesia dan Malaysia baru-baru ini jadi sorotan publik. Uniknya, ruang tamu rumah tersebut berada di wilayah Indonesia, sementara dapurnya sudah berada di Malaysia.
ADVERTISEMENT
Sebelumnya diketahui, perbatasan darat antara Indonesia dan Malaysia membentang sepanjang 2.019 kilometer. Perbatasan tersebut kemudian memisahkan provinsi Kalimantan Utara dan Kalimantan Barat dengan negara bagian Sabah dan Sarawak.
Diunggah akun @keykokey, Sabtu (17/10) di TikTok, salah satu rumah warga berada tepat di perbatasan tersebut. Tepatnya, berada di Desa Aji Kuning, Kecamatan Sebatik, Kabupaten Nunukan Kalimantan Utara, rumah itu juga sekaligus berada di Malaysia.
"Jadi ini rumah yang viral, antara Indonesia dan Malaysia," ujar akun @keykokey menjelaskan unggahannya.
Lintas Negara, Rumah Ini Ruang Tamunya di Indonesia tapi Dapur di Malaysia (326208)
Rumah di perbatasan Indonesia-Malaysia. (Foto: @keykokey/TikTok)
Dari tiga video yang diunggah akun itu, tampak seorang perempuan tengah berkunjung ke rumah unik tersebut. Ia memperlihatkan bagian ruang tamu yang dilengkapi dengan atribut Indonesia. Sementara menuju bagian dapur, rumah tersebut sudah berada di Malaysia.
ADVERTISEMENT
Pada bagian luar rumah, terpampang nama Rumah Perbatasan Patok 3 dengan dinding luar dicat warna merah putih. Ada pula bendera Indonesia yang jadi pembatas wilayah kedua negara Asia Tenggara tersebut, serta tepat di sampingnya ada Pos TNI Angkatan Darat.
Dijelaskan oleh beberapa warganet, sebelumnya rumah tersebut sempat ditinggali oleh seorang warga negara Indonesia bernama Mangapara. Adapun dirinya tinggal di tempat yang sempat berfungsi sebagai kantor penyimpanan biji coklat milik sang ayah angkat.
Namun, kini Mangapara telah pindah dan rumah tersebut dijadikan tempat wisata. Walau demikian, tak ada pungutan biaya buat wisatawan yang datang ke rumah unik yang berada di perbatasan itu.
Kini unggahan tersebut pun viral, ditonton hingga lebih dari 5,6 juta kali dan disukai oleh lebih dari 700 ribu orang. Beragam komentar diberikan warganet, kebanyakan yang merasa terhibur melihat rumah unik tersebut.
ADVERTISEMENT
“Inilah yang dinamakan keluar negeri 1 detik,” kata akun @hayolo254.
“Kalau lagi duduk di tangga sambil selonjoran, kakinya di Indonesia kepalanya di Malaysia,” ujar akun @idgafakk. (bob)
***
Ingin dapat dana pengembangan buat usaha kamu? Caranya kunjungi link di bawah ini: