News
·
23 Oktober 2020 16:19

Ongkir Rp8 Ribu Malah Kirim Bukti Transfer Rp8 Juta, Netizen: Modus Penipuan

Konten ini diproduksi oleh Berita Viral
Ongkir Rp8 Ribu Malah Kirim Bukti Transfer Rp8 Juta, Netizen: Modus Penipuan (84420)
Illustrasi benja online. Foto: Kanya Nayawestri/kumparan
Kesilapan dalam belanja online lumrah terjadi. Mulai dari salah memesan produk, salah alamat, hingga salah mentransfer nominal harga barang. Tiga hal tersebut merupakan hal yang kerap dialami oleh setiap orang yang belanja di toko online.
ADVERTISEMENT
Namun, pernahkah kamu mengalami salah mentransfer nominal ongkos kirim saat belanja online? Tentu sangat jarang terjadi. Pasalnya, tak bisa dimungkiri, ongkos kirim merupakan hal utama yang selalu dipertimbangkan orang saat membeli barang di toko online.
Nah, sebuah unggahan foto di akun Twitter @txtdarionlshop pada Rabu lalu (21/10) sempat mengagetkan media sosial. Pasalnya, seorang pelanggan di toko online malah salah mentransfer uang ongkos kirim barang.
Sang pelanggan tampak membayar Rp8 juta dari ongkos kirim yang sebenarnya hanya Rp8 ribu. Aneh bukan? Hal inilah yang kemudian menjadi viral di jagat dunia maya hingga ramai dibahas warganet.
"Sultan jalur kurang minum Aqua," tulis @txtdarionlshop.
Ongkir Rp8 Ribu Malah Kirim Bukti Transfer Rp8 Juta, Netizen: Modus Penipuan (84421)
Illustrasi benja online. Foto: Kanya Nayawestri/kumparan
Bak anak sultan, pelanggan tersebut tampak mengirim foto tangkapan layar M-banking berisi jumlah nominal ongkos kirim barang senilai Rp8 juta. Lantas, sang penjual di toko online tersebut pun kaget bukan main.
ADVERTISEMENT
Bahkan, ia menulis pesan agar pembeli barangnya tersebut lebih teliti. Pasalnya, ongkos kirim disebut hanya Rp8 ribu bukan Rp8 juta.
"Mohon maaf, Pak. Apa sudah dicek terlebih dahulu. Ongkirnya hanya Rp8.000 itu nominalnya Rp8.000.000 (8 juta)," bunyi tulisan yang tertera di foto tersebut
Hingga artikel ini dibuat, belum diketahui pasti apa maksud pelanggan tersebut mentransfer ongkir senilai Rp8 juta. Entah hanya ingin pamer atau memang tidak teliti, namun warganet mencurigai motif pelanggan tersebut.
Menurut mereka, hal tersebut cenderung ingin menipu penjual dengan modus salah mentransfer ongkos kirim. Tak hanya itu, ada juga yang mengaku pernah mengalami hal tersebut dengan berpura-pura mentransfer ongkos kirim dengan jumlah nominal yang cukup besar.
"Ini biasanya penipuan. Nanti ujung-ujungnya minta transfer balik kelebihannya," tulis @pyongbyong.
ADVERTISEMENT
Belum diketahui pasti kebenaran foto tangkapan layar tersebut. Akan tetapi, sejak diunggah di Twitter, beragam komentar dilontarkan oleh warganet mulai dari candaan hingga mencurigai modus tersebut sebagai penipuan.
"Boro-boro transfer segitu, gua isi pulsa ceban belum masuk-masuk aja suka ketar-ketir takut nyasar salah nomer hahaha," sahut @fturegihters.
"Ini sih modus penipuan. Nanti dia minta transfer balik tapi ke rekening yang berbeda. Kalau ada yang kelebihan transfer gini, langsung cek mutasi rekening dulu guys," timpal @sulikaaaa. (fre)
***
Ingin dapat dana pengembangan buat usaha kamu? Caranya kunjungi link di bawah ini: