News
·
13 Oktober 2020 6:29

Penderita Diabetes Sebaiknya Tak Minum Kopi di Pagi Hari, Kenapa?

Konten ini diproduksi oleh Berita Viral
Penderita Diabetes Sebaiknya Tak Minum Kopi di Pagi Hari, Kenapa? (391380)
Ilustrasi kopi (Foto: Thinkstock)
Buat beberapa orang, minum secangkir kopi sudah menjadi kebiasaan di pagi hari. Namun, lewat penelitian terbaru, ternyata minum kopi di pagi hari punya dampak negatif untuk tubuh, yakni bisa memperparah diabetes dan penyakit jantung.
ADVERTISEMENT
Mengutip dari Times of India, minum kopi di pagi hari disebut bakal berdampak negatif pada kontrol gula darah dalam tubuh. Hal itu disebut dalam jurnal yang diterbitkan British Journal of Nutrition.
Lewat jurnal tersebut, peneliti mengamati efek yang ditimbulkan oleh kopi di pagi hari, terutama bila orang yang mengkonsumsi memiliki jadwal tidur yang tidak teratur. Hasilnya, hal tersebut punya dampak negatif.
“Hasil menunjukkan, tidur malam yang buruk membuat metabolisme tubuh kita menipis, minum kopi sebagai cara terjaga dalam kantuk memiliki efek negatif pada kontrol glukosa (gula) darah," ujar sang penulis dari University of Bath di Inggris.
Penderita Diabetes Sebaiknya Tak Minum Kopi di Pagi Hari, Kenapa? (391381)
Kopi bisa menyehatkan jantung (Foto: thinkstock)
Penelitian tersebut dilakukan dengan meminta 29 laki-laki dan perempuan yang dalam keadaan sehat menjalankan tiga eksperimen berbeda secara acak.
ADVERTISEMENT
Eksperimen pertama, orang-orang tersebut diminta berkegiatan dan tidur secara normal untuk mendapat waktu istirahat yang cukup. Ketika terbangun di pagi hari, mereka diminta minum minuman dengan zat gula.
Berikutnya, eksperimen kedua meminta beberapa orang tidur dimalam hari, tapi dengan gangguan dibangunkan tiap jam selama lima menit. Serupa dengan eksperimen sebelumnya, saat terbangun diminta minum minuman dengan zat gula.
Barulah eksperimen ketiga, dengan cara yang sama di pola kedua, hanya saja 30 menit sebelum meminum air yang mengandung unsur gula, peserta eksperimen diminta untuk lebih dulu mengkonsumsi kopi hitam.
Penderita Diabetes Sebaiknya Tak Minum Kopi di Pagi Hari, Kenapa? (391382)
Glucometer, alat untuk mengukur gula darah. (Foto: Thinkstock)
Setelah peserta melakukan uji coba tersebut, diambil sampel darah. Hasilnya, disebutkan tes pertama dan kedua, yang mana tidak mengonsumsi kopi hitam sebelumnya, sama-sama tidak memperburuk respon kadar gula saat sarapan.
ADVERTISEMENT
Sementara yang meminum kopi hitam terlebih dahulu sebelum sarapan, memang benar bisa mengatasi rasa kantuk. Namun, kemampuan tubuh untuk mentolerir gula dalam sarapan pun jadi berkurang. Terlebih, respon gula darah juga meningkat hingga 50 persen
"Kita tahu, lebih dari setengah dari kita akan bangun pagi dan sebelum melakukan sesuatu, minum kopi. Secara intuitif, semakin merasa lelah, semakin kuat pula kopi yang dikonsumsi," sebut pembuat jurnal itu.
Berangkat dari studi viral tersebut, dapat disimpulkan penderita diabetes sebaiknya menghindari meminum kopi di pagi hari. (bob)