Mom
·
20 November 2020 12:26

Perempuan Ceritakan Dirinya 10 Bulan Tidak Haid, Lemes Ternyata Mengalami Ini

Konten ini diproduksi oleh Berita Viral
Perempuan Ceritakan Dirinya 10 Bulan Tidak Haid, Lemes Ternyata Mengalami Ini (11746)
Perempuan tidak alami haid selama 10 bulan. (Foto: TikTok @ria.wnp)
Seorang perempuan yang menceritakan pengalaman menstruasi atau haid tidak teratur seketika menuai sorotan publik. Pasalnya, sudah 10 bulan ia tidak mengalami haid, sampai pada akhirnya pergi ke dokter untuk memeriksanya.
ADVERTISEMENT
Cerita tersebut dibagikan perempuan bernama Ria lewat akun @ria.wnp di TikTok pada Minggu (15/11/2020). Dalam beberapa unggahannya, Ria mengungkap masalahnya dengan jadwal haid yang tidak menentu.
Adapun kebiasaan tersebut sudah dialaminya sejak duduk di bangku SMP. Jadwal menstruasinya tidak teratur, bahkan bisa sampai 2 atau 6 bulan sekali. Dugaan awalnya, hal itu terjadi karena ia mengalami anxiety disorder alias memiliki gangguan kecemasan.
“Sekarang bener-bener paling lama karena mungkin aku ada anxiety disorder dan setiap malam selalu overthinking dengan hidup, alhasil datang bulan kacau balau,” kata Ria mengungkap dugaan awalnya.
Perempuan Ceritakan Dirinya 10 Bulan Tidak Haid, Lemes Ternyata Mengalami Ini (11747)
Perempuan tidak alami haid selama 10 bulan. (Foto: @ria.wnp/TikTok)
Sampai pada akhirnya, perempuan itu memutuskan untuk periksa ke dokter spesialis kandungan. Setelah melalui proses USG, dokter mengungkap bahwa dirinya terkena Polycystic Ovary Syndrome (PCOS).
ADVERTISEMENT
“Setelah diperiksa dokter, ternyata aku PCOS. Jujur aku lemes banget saat itu, tapi aku yakin aku pasti bisa laluin semua,” ungkap Ria.
Dijelaskan oleh Ria, PCOS adalah terjadinya kelainan hormon laki-laki lebih besar dari hormon wanita. Hal tersebut disebabkan oleh faktor genetik, berciri-ciri menstruasi tidak teratur serta tumbuh bulu-bulu tidak lazim untuk perempuan, seperti kumis dan sebagainya.
Adapun dari dokter tempatnya periksa, disebutkan bahwa penderita PCOS tiga kali lebih sulit punya anak, tiga kali lebih rentan keguguran, dan tiga kali lebih berpotensi menderita diabetes.
Hanya saja gejala yang disebutkan sebelumnya tak memastikan bahwa seseorang mengidap PCOS. Karena itu, Ria mengimbau agar perempuan dengan gejala serupa agar sesegera mungkin periksa ke dokter Spesialis Obstetri dan Ginekologi (SpOG).
ADVERTISEMENT
Kini unggahan tersebut pun viral, ditonton hingga lebih dari 5 juta kali dan disukai oleh lebih dari 200 ribu orang. Beragam komentar diberikan warganet, termasuk yang menceritakan pengalaman serupa.
“Aku juga PCOS bun, pernikahan sudah hampir 6 tahun belum dikaruniai anak. Minta doanya ya bunda, semoga cepat diberikan momongan, semangat buat pejuang garis dua,” kata akun @c__illll.
“Semangat! Bisa sembuh kok. Aku 4 tahun berjuang PCOS sebelum nikah, 7 bulan nikah hamil,” ujar akun @wkwkwkehehah. (bob)