News
·
22 Januari 2021 10:44

Salut! Curhat Cewek Tetap Ogah Pakai Calo Meski Gagal 11 Kali Ujian SIM

Konten ini diproduksi oleh Berita Viral
Salut! Curhat Cewek Tetap Ogah Pakai Calo Meski Gagal 11 Kali Ujian SIM (37249)
Viral wanita asal Sidoarjo, Jawa Timur, bernama Riza Zulfi tak mau pakai jasa calo meski telah gagal 11 kali ujian SIM. (Foto: TikTok/@rizazlf)
Banyak orang yang memilih memakai jasa calo untuk mengurus pembuatan SIM alias Surat Izin Mengemudi. Mereka tidak mau ribet sehingga memilih jalan cepat. Meski biaya yang harus dibayarkan relatif banyak, namun nyatanya jasa tersebut masih diminati banyak orang.
ADVERTISEMENT
Namun, cewek bernama Riza Zulfi ini tidak demikian. Ia ogah menggunakan jasa calo meski sudah gagal sebanyak 11 kali saat ujian SIM. Dalam curhatan yang dibagikan di akun TikTok pribadinya @rizazlf pada Sabtu (16/1/2021), Riza menyebut tak tergoda dengan jasa calo saat mengurus SIM C di Polres Sidoarjo, Jawa Timur.
"Ditawarin calo, tapi nekat mau berjuang sendiri sampai akhirnya gagal 11 kali pengulangan. Sampai kertasnya sobek. Rekor nggak, nih," bunyi keterangan di video TikTok-nya itu.
Di video berdurasi singkat itu, Riza memperlihatkan dirinya tengah berada di Polres Sidoarjo untuk ujian SIM. Namun, apa daya, dari 11 kali ujian, ia selalu gagal di ujian praktik yang disebut sangat menyulitkan dirinya.
Salut! Curhat Cewek Tetap Ogah Pakai Calo Meski Gagal 11 Kali Ujian SIM (37250)
Peserta menerima Surat Izin Mengemudi (SIM) di Satuan Penyelenggara Administrasi (Satpas) SIM Daan Mogot, Jakarta. Foto: ANTARA FOTO/Rivan Awal Lingga
Bahkan, dari video itu tersebut, ia juga menunjukkan selembar kertas yang membuktikan bahwa dirinya kerap gagal saat ujian SIM. Mulai dari 16 Juli hingga awal Januari 2021, ia selalu gagal di ujian praktik saat melewati lintasan U.
ADVERTISEMENT
"Ceritanya bikin SIM C mumpung libur COVID-19, terus gagal pertama saat tes ride di lintasan U. Nah, pas keluar dari polres ada yang nawarin calo berapa ratus ribu gitu dan langsung jadi. Tapi, aku nolak," tulisnya saat dihubungi tim Berita Viral lewat DM Instagram.
Ia pun harus mengulang lagi pada minggu-minggu berikutnya karena selalu gagal. Diakuinya, ia merasa kesulitan saat praktik mengemudi di lintasan berbentuk huruf U.
Salut! Curhat Cewek Tetap Ogah Pakai Calo Meski Gagal 11 Kali Ujian SIM (37251)
Peserta mengikuti ujian praktik Surat Izin Mengemudi (SIM) di Satuan Penyelenggara Administrasi (Satpas) SIM Daan Mogot, Jakarta. Foto: ANTARA FOTO/Rivan Awal Lingga
"Jadi ngulang lagi minggu depannya, tapi gagal terus. Dan, gagalnya selalu di lintasan U. Kemarin udah 11 kali pengulangan," lanjutnya.
Sejak Juli 2020 hingga Januari 2021, Riza mengaku selalu gagal saat ujian SIM di Polres Sidoarjo, Jawa Timur. Namun, meski gagal sebanyak 11 kali, ia tidak pernah berniat menggunakan jasa calo walau sempat ditawari oleh seseorang lelaki di polres tersebut.
ADVERTISEMENT
Meski dirinya belum bisa mendapatkan SIM karena selalu gagal, Riza mengaku tak terlalu mempersoalkannya. Namun, ia menegaskan bahwa dirinya tidak akan menggunakan jasa calo.
Sementara itu, sejak dibagikan di TikTok, para warganet mengaku salut dengan hal yang dilakukan oleh wanita bernama Riza Zulfi tersebut. Pasalnya, banyak dari mereka mengaku bakal menggunakan jasa calo jika telah gagal 11 kali.
"Aku udah coba berkali-kali tapi nggak bisa padahal udah benar. Dan akhirnya, ku kasih Rp500 ribu kelar deh. Sekarang mah harus pakai pulus biar mulus," sahut @wwo.
"Kenapa tes SIM di Indonesia sesusah itu ya," timpal @taroxchs. (fre)