News
·
29 Juli 2021 12:59
·
waktu baca 2 menit

Seorang Kakek di Makassar Tempuh 15 KM dengan Sepeda demi Bisa Vaksinasi

Konten ini diproduksi oleh Berita Viral
Seorang Kakek di Makassar Tempuh 15 KM dengan Sepeda demi Bisa Vaksinasi (62531)
searchPerbesar
Bapak-bapak tua mendapat vaksin. (Foto: @dr.helmiyadi_spot/TikTok)
Seorang bapak-bapak yang berusaha untuk melakukan vaksinasi baru-baru ini menuai sorotan publik. Sebab, demi bisa dapat vaksin, ia sampai rela menempuh jarak sejauh 15 km menggunakan sepeda.
ADVERTISEMENT
Sebelumnya diketahui, pandemi virus corona atau Covid-19 belum juga berakhir sejak pertama kali masuk di Indonesia pada awal Maret 2020. Penyebarannya bahkan kian melonjak imbas munculnya varian delta.
Selain harus tetap berada di rumah, salah satu cara agar terhindar dari Covid-19 adalah dengan melakukan vaksinasi. Seperti bapak-bapak yang mengaku tak memiliki ponsel ini, misalnya.
Momen tersebut dibagikan Helmiyadi lewat akun @dr.helmiyadi_spot di TikTok, pada Rabu (28/7/2021). Dalam video berdurasi kurang dari semenit tersebut, tampak bapak-bapak berdiri terdiam di tempat vaksinasi.
Seorang Kakek di Makassar Tempuh 15 KM dengan Sepeda demi Bisa Vaksinasi (62532)
searchPerbesar
Bapak-bapak tua mengantre vaksin. (Foto: @dr.helmiyadi_spot/TikTok)
Diceritakan, bapak-bapak itu awalnya tampak ingin mendekati tempat vaksinasi, tapi hanya diam karena ragu-ragu. Karena itulah salah satu petugas vaksin menghampiri bapak tersebut.
“Setelah kami hampiri, ternyata beliau tidak bisa mendaftar online karena tidak memiliki ponsel,” ujar Helmiyadi selaku tenaga kesehatan dalam keterangan videonya.
ADVERTISEMENT
Lantas bapak tersebut dibantu oleh petugas. Sambil menunggu dapat vaksin, ia mengaku sudah datang dari pagi untuk mengantre. Demi sampai ke tempat vaksinasi, ia mengayuh sepeda menempuh jarak 15 km hingga kakinya pegal dan kelelahan.
Pria yang datang dengan kemeja putih dan topi coklat itu menyebut sedari awal memang ingin dapat vaksin. Ia tidak memedulikan tanggapan orang-orang di sekitarnya yang kerap menakut-nakuti soal vaksin.
“Beliau yakin pandemi dapat segera berakhir, salah satunya dengan vaksinasi,” kata Helmiyadi. “Sehat selalu, Pak. Semoga menginspirasi yang belum vaksin. Semoga pandemi lekas berakhir,” lanjutnya.
Dari informasi yang dihimpun, vaksinasi itu berlangsung di Mal Nipah, Makassar, Sulawesi Selatan. Kini unggahan tersebut pun viral, ditonton hingga 3,4 juta kali dan disukai oleh lebih dari 500 ribu orang. Beragam komentar diberikan warganet, kebanyakan merasa salut dan terharu dengan bapak-bapak itu.
ADVERTISEMENT
“Tuh bapaknya aja bela-belain sepedaan sejauh itu. Masa yang sudah dipermudah, punya kendaraan, dekat lagi jaraknya, pada gak mau gara-gara percaya hoax,” kata akun @eidottnawi._.
“Gak mau tau, pokoknya bapaknya harus sehat terus, ya,” ujar akun @nanasya97.
“Langsung nangis. Panjang umur bapaknya,” sebut akun @lovehimmmm0. (bob)