Otomotif
·
18 September 2020 15:21

Ternyata Ini Arti Huruf 'E' di Indikator Bahan Bakar Mobil

Konten ini diproduksi oleh Berita Viral
Ternyata Ini Arti Huruf 'E' di Indikator Bahan Bakar Mobil (22429)
Tes drive mobil Daihatsu Xenia 1.5L di Sibolga, Sumatera Utara. Foto: Ghulam Muhammad Nayazri/kumparanOTO
Indikator pada panel instrumen mobil banyak bentuknya. Termasuk indikator yang menunjukkan sisa bensin.
ADVERTISEMENT
Saat volume bahan bakar mulai tiris, biasanya akan ada logo yang berkedip. Pada beberapa mobil, tandanya adalah jarum bensin menunjuk huruf E.
Nah tahukah Anda bahwa E itu mengartikan apa? Ada yang merujuk singkatan dari 'Empty', juga ada yang mengatakan berasal dari kata 'Emergency'.
Penamaan Empty atau Emergency masih jadi perdebatan sebenarnya. Tapi terlepas dari penamaannya, kedua kata tersebut mengartikan bahwa pengemudi mobil harus siaga dan segera menuju stasiun pengisian bahan bakar umum terdekat.
Executive Coordinator Technical Service Division PT Astra Daihatsu Motor (ADM), Bambang Supriyadi menjelaskan, E lebih mengartikan Empty atau kosong.
Ternyata Ini Arti Huruf 'E' di Indikator Bahan Bakar Mobil (22430)
Indikator bensin mobil. Foto: dok. Driving
"Walau masih ada beberapa liter sisa, jadi bukan kosong betul," katanya saat dihubungi kumparan.
Sisa volume bensin mobil di tangki cadangan atau reservoir beragam isinya tergantung pabrikan. Bisa 10 sampai 15 persen dari total volume tangki.
ADVERTISEMENT
"Kalau di model Terios di balok terakhir ada 5,8 liter," lanjut Bambang.
Sisa bensin segitu memang sulit mengukur mobil bisa menempuh berapa kilometer lagi. Namun, sesuai penjelasan sebelumnya, imbuh Bambang segera cari SPBU terdekat.
Tambah Faiz Abdul Aziz, penggawa bengkel Faiz Lestari di Tangerang mengatakan, ada baiknya matikan AC supaya kerja mesin tidak berat, sehingga seminimal mungkin menambah jarak tempuh mencapai SPBU.
"Sebaiknya pengemudi tidak terlalu sering bermain dengan gas dan tidak menggunakan AC saat perjalanan. Mematikan AC dalam situasi seperti ini dapat membantu 5-10 persen agar bensin cadangan tidak cepat habis,” kata Faiz.
sosmed-whatsapp-whitesosmed-facebook-whitesosmed-twitter-whitesosmed-line-white