News
·
7 Oktober 2020 10:21

Tutorial via TikTok, Tips Atasi Rasa Sakit Akibat Sariawan Langsung dari Ahlinya

Konten ini diproduksi oleh Berita Viral
Tutorial via TikTok, Tips Atasi Rasa Sakit Akibat Sariawan Langsung dari Ahlinya (93713)
Bahan alami untuk sariawan (Foto: Thinkstock)
Sariawan merupakan penyakit pada mulut yang sejatinya normal dan bisa hilang dalam beberapa hari. Namun, kadang rasa sakit yang dialami penderitanya bisa mengganggu aktivitas sehari-hari.
ADVERTISEMENT
Sebelumnya diketahui, sariawan biasanya terjadi di area mulut, khususnya bibir atau lidah. Salah satu penyebabnya adalah kurangnya penderita menjaga kebersihan mulut, sehingga selaput lendir mengalami kerusakan. Alhasil, timbul luka di rongga mulut.
Namun, tak hanya itu saja, kala sedang makan lalu tiba-tiba saja lidah atau bibir tergigit juga bisa jadi penyebab. Begitu pula bila sehari-hari mengonsumsi makanan yang menyebabkan panas dalam, sariawan bisa saja timbul.
Tutorial via TikTok, Tips Atasi Rasa Sakit Akibat Sariawan Langsung dari Ahlinya (93714)
Ilustrasi ibu hamil sariawan Foto: Shutterstock
Bila sudah mengalami sariawan, tentu akan mengganggu penderitanya dalam beraktivitas. Terutama ketika sedang makan, rasa hidangan yang seharusnya begitu enak menjadi tak bisa dinikmati.
Adapun baru-baru ini viral video dari seorang dokter, Vivi Herlianty Mamonto, membagikan tips untuk mengatasi sariawan. Dalam video berdurasi kurang dari semenit tersebut, perempuan yang juga merupakan ahli akupuntur itu membagikan beberapa cara.
ADVERTISEMENT
“Tips atasi sariawan,” ujar Vivi dalam keterangan videonya.
Disebutkan oleh Vivi, larutan antiseptik seperti povidone iodine 1%, benzydamine HCL, dequalinium CI, serta vitamin C bisa digunakan. Tentu penderita sariawan juga harus menjaga kesehatan mulut dengan menggosok gigi dua kali sehari.
Selain itu, selama sariawan, Vivi menyarankan agar penderita tidak mengonsumsi makanan yang bisa menimbulkan iritasi pada mulut, seperti kacang-kacangan, makanan pedas, serta makanan tajam dan keras seperti keripik atau roti kering.
Perlu juga diperhatikan kala sedang menyantap hidangan, mengunyah makanan sebaiknya dilakukan secara perlahan. Kemudian, untuk minuman dianjurkan hanya air putih.
Faktor stres pun turut berpengaruh terhadap kecepatan pulihnya sariawan tersebut. Karena itu, penderita sebaiknya jangan terlalu punya banyak pikiran. Rokok pun tak bisa jadi solusi karena bisa menghambat kesembuhan sariawan. (bob)
ADVERTISEMENT