News
·
4 Februari 2021 15:11

Viral Pedagang Bakso di Jepang Jualan Pakai Bahasa Jawa Padahal Warga Asli Sana

Konten ini diproduksi oleh Berita Viral
Viral Pedagang Bakso di Jepang Jualan Pakai Bahasa Jawa Padahal Warga Asli Sana (439029)
Viral penjual bakso di Jepang layani pembeli pakai bahasa Jawa. (Foto: TikTok/@akulibra02)
Tentu kamu tidak akan percaya jika pedagang bakso di Jepang berjualan menggunakan bahasa jawa. Lebih uniknya lagi, pedagang tersebut merupakan penduduk asli Jepang namun bisa berbahasa jawa dengan sangat baik.
ADVERTISEMENT
Seorang kreator TikTok asal Madiun, Jawa Timur, yang kini bekerja di Jepang mengabadikan momen tersebut. Lelaki itu mengunggah video seorang penduduk Jepang jualan bakso menggunakan bahasa jawa saat melayani pembeli asal Indonesia.
Di video yang telah ditonton lebih dari 800 ribu orang tersebut, lelaki yang tidak memberitahu namanya itu membagikan momen dirinya bersama teman-teman Indonesia lainnya membeli bakso di Shikoku, Kota Matsuyama, Ehime, Jepang.
"Ada yang jual bakso keliling cek, daerah Shikoku bisa merapat," bunyi keterangan di video itu.
Dalam video tersebut, seorang perempuan tampak berjualan bakso di pinggir jalan. Tak seperti di Tanah Air dengan menggunakan gerobak, pedagang bakso itu berjualan menggunakan mobil yang telah dimodifikasi.
Viral Pedagang Bakso di Jepang Jualan Pakai Bahasa Jawa Padahal Warga Asli Sana (439030)
Viral penjual bakso di Jepang layani pembeli pakai bahasa Jawa. (Foto: TikTok/@akulibra02)
Ia menaruh kompor di dalam mobil tersebut agar bakso yang dimasak tetap segar. Anehnya, dari pengakuan pengunggah video, ia menyebut perempuan itu berjualan dengan memakai bahasa Jepang saat melayani warga Indonesia yang bekerja di daerah tersebut.
ADVERTISEMENT
Mulai dari bakso beranak, bertelur, ayam bakar, martabak telur, lumpia, hingga kerupuk jengkol dijual oleh perempuan asal Jepang tersebut. Bak di Indonesia, ia dan teman-teman lainnya tampak ramai membeli makanan khas Indonesia itu.
Viral Pedagang Bakso di Jepang Jualan Pakai Bahasa Jawa Padahal Warga Asli Sana (439031)
Viral penjual bakso di Jepang layani pembeli pakai bahasa Jawa. (Foto: TikTok/@akulibra02)
Akan tetapi, untuk membeli semangkuk bangkso, kamu harus merogoh kocek dalam-dalam. Tak seperti di Tanah Air, bakso di Jepang dijual Rp98 ribu hingga Rp111 ribu lebih per mangkuk. Meski terbilang mahal, namun dari video yang diunggah, lapak jualan bakso itu tampak ramai diburu pembeli.
Sementara itu, sejak video itu viral, belum diketahui pasti kenapa pedagang bakso tersebut bisa fasih berbahasa jawa sesuai yang terlihat di video. Namun, menurut warganet, mereka menduga perempuan penjual bakso itu pernah tinggal di Indonesia hingga bisa bahasa jawa saat melayani pembeli yang berasal dari Indonesia.
ADVERTISEMENT
Kini, video yang dibagikan pada Minggu (31/1/2021), telah disukai 62 ribu orang hingga ditonton ratusan ribu pengguna TikTok. Selain itu, banyak warganet yang juga terheran-heran dengan perempuan asal Jepang itu yang bisa berbahasa Jawa.
"Bersama jawa kuasai dunia. Jawa semakin di depan hahaha," tulis syaznx.
"Yang jualan orang Jepang, tapi medok banget jawanya terutama kayak di daerah Surabaya, Gresik, Sidoarjo," sahut @khaidar4l1.
"Yang jual orang Jepang, kalau orang Indonesia masuk kategori orang luar maka harus punya visa bisnis," timpal @spacegurlzz. (fre)
***
Simak video menarik berikut ini: