News
·
15 Oktober 2020 6:30

Beasiswa SEMESTA, Angin Segar untuk Lulusan SMA/SMK yang Tertarik di Dunia IT

Konten ini diproduksi oleh BASRA (Berita Anak Surabaya)
Beasiswa SEMESTA, Angin Segar untuk Lulusan SMA/SMK yang Tertarik di Dunia IT (47872)
Alfin Ardian (18) lulusan dari SMK Budi Utomo Jombang yang jadi Pemenang I Beasiswa SEMESTA.
Semua sendi kehidupan manusia merasakan dampak nyata dari pandemi COVID-19. Tak hanya kehilangan anggota keluarga yang wafat karena virus corona, tapi juga ada lebih dari 1,5 juta orang yang kehilangan pekerjaan selama pandemi. Bahkan ada banyak lulusan SMA maupun SMK yang terpaksa menunda untuk melanjutkan kuliah karena kondisi finansial orang tua yang tak memungkinkan.
ADVERTISEMENT
Situasi sulit ini juga dirasakan Sabilla Ayu (18), lulusan SMK Telkom Malang, Jawa Timur. Sabilla yang sebenarnya sudah menandatangani kontrak kerja dengan salah satu perusahaan sebelum masa pandemi, mendadak dibatalkan akibat perampingan karyawan di perusahaan tersebut.
Kontrak kerja tersebut dibatalkan bahkan sebelum Sabilla sempat menjalani masa kerja selepas lulus dari SMK Telkom Malang, Jawa Timur, pada Juli lalu.
Tak hanya Sabilla, Alfin Ardian (18) yang merupakan lulusan dari SMK Budi Utomo Jombang ini juga merasa frustasi karena tak segera mendapat pekerjaan. Padahal, Alfin merupakan anak pertama dari enam bersaudara.
Merasa terpanggil dengan situasi yang ada, PT Sentra Vidya Utama memberikan beasiswa kuliah kerja bernama SEMESTA (Sevima Mencari Siswa Bertalenta).
ADVERTISEMENT
Beasiswa ini memberikan subsidi biaya kuliah sekaligus kontrak kerja bagi lulusan SMA/SMK yang bertalenta, terutama untuk mereka yang tertarik pada bidang IT dan Programming.
Beasiswa SEMESTA, Angin Segar untuk Lulusan SMA/SMK yang Tertarik di Dunia IT (47873)
Mayang Larasati (18) yang jadi Pemenang II. Mayang adalah lulusan SMKN 2 Singosari, Malang.
Beruntung, Alfin dan Sabilla berhasil memenangkan program beasiswa SEMESTA sekaligus kontrak kerja di Sevima. Alfin merupakan Pemenang I, dan Sabila menjadi Pemenang III. Selain mereka berdua, ada juga Mayang Larasati (18) yang jadi Pemenang II. Mayang adalah lulusan SMKN 2 Singosari, Malang.
Ketiganya berhasil melewati tahapan tes yang terdiri dari: Seleksi Admisnistrasi, Computer Based Test (CBT), Hackathon, dan seleksi wawancara.
Alfin, Mayang, dan Sabilla patut berbangga karena berhasil mengalahkan sekitar 500-an pendaftar dari seluruh Indonesia. Hadiah beasiswa SEMESTA yang diberikan yaitu berupa subsidi biaya kuliah di Binus Online Learning sebesar Rp 55 juta serta kontrak kerja dengan Sevima selama empat tahun.
ADVERTISEMENT
Adapun Beasiswa SEMESTA (Sevima Mencari Siswa Bertalenta) merupakan program pendidikan yang diinisiasi PT Sentra Vidya Utama (Sevima) sejak 2019.
Beasiswa SEMESTA, Angin Segar untuk Lulusan SMA/SMK yang Tertarik di Dunia IT (47874)
Sabilla Ayu (18), lulusan SMK Telkom Malang, Jawa Timur yang jadi Pemenang III Beasiswa SEMESTA.
Sebagai platform pengembang teknologi informasi perguruan tinggi di Indonesia, SEVIMA peduli untuk ikut memajukan pendidikan di Indonesia. Melalui beasiswa SEMESTA, Sevima ingin mewujudkan mimpi bagi siswa bertalenta untuk meraih pendidikan yang lebih tinggi sekaligus mendapatkan pengalaman kerja khususnya di bidang Teknologi Informasi. Program ini tentu bisa menjadi batu loncatan bagi mereka untuk menjadi professional yang berkualitas di bidang IT maupun programming.
“Senang sekali ada program beasiswa kuliah kerja seperti SEMESTA. Lulusan SMK jadi punya peluang untuk bisa melanjutkan kuliah. Sebab, kebanyakan program beasiswa memilih siswa yang lulusan SMA,” ujar Mayang, yang mengaku bangga bisa jadi mandiri lewat beasiswa SEMESTA.
ADVERTISEMENT
Alfin, Mayang, dan Sabilla kini sudah sepekan berada di kantor Sevima. Ketiganya mengakui, SEVIMA merupakan tempat yang baik untuk belajar banyak hal serta mengembangkan diri. “Saya rasa, SEVIMA itu gudangnya ilmu. PR bagi kami untuk menyerap ilmu sebanyak mungkin dari para senior,” kata Alfin.