kumparan
14 Sep 2019 11:26 WIB

Berkat Sarang Burung Walet, Fairuz Jadi Wisudawan Berprestasi Unair

Muhammad Fairuzzuddin Zuhair. Dok. Pribadi
Sejak Sekolah Dasar (SD) Muhammad Fairuzzuddin Zuhair sudah bercita-cita menjadi wiraswasta. Maklum saja, ayah Fairuz adalah pedagang emas di pasar Sidoarjo dan ibunya seorang dosen yang juga berjualan perlengkapan rumah tangga.
ADVERTISEMENT
Sejak kuliah di Fakultas Sains dan Teknologi, jurusan Matematika, Universitas Airlangga (Unair), Fairuz makin niat jadi pengusaha. Dia pun mewujudkan mimpinya dengan membuat markaswalet.com pada Oktober 2018. Berkat usaha ini pula Fairuz menjadi wisudawan berprestasi bidang wirausaha pada 6 September 2019.
"Markaswalet.com merupakan situs website yang membantu para petani walet untuk terhubung dengan eksportir sarang walet. Dengan cara kerja para petani dapat menawarkan hasil panennya kepada eksportir," kata Fairuz saat dihubungi Basra (5/9).
Ide awal bisnis sarang burung walet karena Fairuz tertarik dengan pencapaian bisnis ayah temannya. "Ide awalnya dari ayah sahabat saya yang lebih dulu berbisnis sarang burung walet. Dari situ akhirnya saya tertarik untuk menekuninya," kata Fairuz.
Dengan adanya markaswalet.com, Fairuz berharap saluran distribusi sarang burung walet dari petani kepada pembeli menjadi lebih ringkas dan rapi. Dengan demikian petani sarang walet dapat menikmati hasil panen yang lebih optimal.
Sarang burung walet. Dok. Markas Walet
Di dalam laman markaswalet.com Fairuz menjelaskan secara detil jenis-jenis sarang walet dan warna-warnanya. Sebenarnya, sarang walet hanya berwarna putih. Tapi sarang yang berwarna putih itu bisa menjadi kuning bahkan merah karena faktor musim, polusi udara, kebersihan sarang, cara pemetikan, gangguan hama, serta kualitas air yang dikonsumsi walet.
ADVERTISEMENT
Sarang walet terbentuk dari liur burung walet yang mengeras. Di dalam air liur tersebut mengandung asam amino yang tidak bisa dihasilkan dalam tubuh manusia. Diantaranya kandungan fenilalanin untuk meningkatkan kerja memori dan impuls saraf, lalu tirosin untuk mempercepat pemulihan dari sakit, dan glukosamin untuk membantu proses pemulihan tulang rawan. Yang paling utama, sarang burung walet membantu menjaga daya tahan tubuh dan melawan peradangan.
Sarang walet yang dijual di markaswalet.com merupakan hasil budidaya petani walet di Kalimantan Timur. Potensi bisnis sarang walet masih terbuka lebar hingga kini terutama bila dipasarkan ke Asia Timur seperti Cina. Bahkan saat Basra mewawancara Fairuz pun dirinya sedang berada di Hong Kong untuk membuka peluang ekspor sarang burung walet yang dia jalankan. (Reporter : Masruroh / Editor : Windy Goestiana)
ADVERTISEMENT
Tulisan ini adalah kiriman dari publisher, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·