Mom
·
13 September 2021 16:21
·
waktu baca 2 menit

Ini Isi Kotak P3K yang Wajib Ada di Rumah

Konten ini diproduksi oleh BASRA (Berita Anak Surabaya)
Ini Isi Kotak P3K yang Wajib Ada di Rumah (1238305)
searchPerbesar
Ilustrasi isi kotak P3K. Foto: Pixabay
Memiliki kotak pertolongan pertama pada kecelakaan (P3K) yang memadai di rumah sangatlah penting, terutama pada masa pandemi seperti sekarang. Pasalnya luka dapat terjadi di mana saja, termasuk di rumah.
ADVERTISEMENT
Certified Wound Specialist Physician, dokter Adisaputra Ramadhinara mengungkapkan, pertolongan pertama dan perawatan yang tepat pada luka dapat mencegah risiko infeksi dan mempercepat proses penyembuhannya.
"Dengan memiliki pengetahuan tentang cara merawat luka yang tepat dan memiliki kotak pertolongan pertama yang memadai, diharapkan penanganan luka yang baik dan tepat bisa dilakukan sedini mungkin di rumah," kata dia, dalam webinar, Senin (13/9).
Lebih lanjut Adi menuturkan, luka sekecil apa pun tidak boleh dianggap remeh dan harus dirawat dengan tepat untuk mencegah terjadinya infeksi. Meski demikian masih banyak orang yang belum memahami pentingnya memiliki kotak P3K di rumah.
Ini Isi Kotak P3K yang Wajib Ada di Rumah (1238306)
searchPerbesar
Berikut adalah apa saja yang sebaiknya harus selalu siap sedia di rumah atau isi dari P3K:
ADVERTISEMENT
- Masker
- Pembersih tangan (hand sanitizer)
- Sarung tangan latex (sekali pakai)
- Gunting
- Pinset
- Termometer
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
- Obat tetes mata
- Obat batuk
- Obat-obatan lainnya seperti untuk sakit kepala atau pun flu
- Spray Antiseptik
- Plester
- Salep Luka
- Kasa steril
Sementara itu Brand Manager Hansaplast Alanna Alia Hannantyas mengatakan, risiko terjadinya kecelakaan atau cedera saat beraktivitas di rumah makin meningkat seiring orang-orang sebagian besar menghabiskan waktu di rumah.
Namun, sebagian mereka belum memahami pentingnya memberikan penanganan pertolongan pertama yang tepat di rumah selama masa pandemi.
"Untuk itu, pengetahuan mengenai pertolongan pertama dalam penanganan luka secara mandiri di rumah merupakan kemampuan kritis yang wajib dimiliki keluarga Indonesia terutama di masa pandemi saat ini," kata dia.
ADVERTISEMENT
Inilah yang mendasari perusahaannya berupaya terus meningkatkan kesadaran masyarakat mengenai pentingnya persiapan dan implementasi pertolongan pertama, untuk menangani luka akibat kecelakaan kecil. Begitu juga mengedukasi bagaimana cara penanganan luka berdasarkan jenis-jenisnya saat terjadi situasi darurat di rumah.