News
·
30 November 2020 13:54

Ini Lho Kandungan Gizi Lobster untuk Anak-anak

Konten ini diproduksi oleh BASRA (Berita Anak Surabaya)
Ini Lho Kandungan Gizi Lobster untuk Anak-anak (81687)
Ilustrasi lobster. Foto: axistravel via pixabay
Lobster tengah ramai menjadi perbincangan masyarakat. Terlepas dari itu, lobster merupakan satu di antara hidangan laut yang populer dan jadi favorit sebagian orang. Bahkan kandungan gizi yang dimiliki lobster menjadikannya punya banyak manfaat bagi kesehatan tubuh.
ADVERTISEMENT
Ketua Bidang Hukum dan Humas DPP Persatuan Ahli Gizi Indonesia (Persagi) Andriyanto mengungkapkan, lobster merupakan salah satu lauk hewani yang tinggi protein dan zinc.
"Nah, zinc ini sangat baik untuk tumbuh kembang anak. Zinc adalah salah satu zat yang sangat penting untuk mencegah stunting," jelas Andriyanto kepada Basra, Senin (30/11).
Sedangkan bagi pria dewasa, lanjut Andriyanto, zinc dapat meningkatkan kualitas sperma.
Kandungan zinc dalam lobster juga dapat menunjang fungsi sistem imun. Kekurangan zinc terbukti dapat mengganggu produksi limfosit dan menurunkan daya tahan tubuh.
Ini Lho Kandungan Gizi Lobster untuk Anak-anak (81688)
Ketua Bidang Hukum dan Humas DPP Persatuan Ahli Gizi Indonesia (Persagi) Andriyanto. Foto: Masruroh/Basra
Lobster termasuk makanan berprotein tinggi, tapi cenderung memiliki sedikit lemak. Protein ini dapat menyediakan asam amino yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan secara keseluruhan.
"Lobster juga memiliki kandungan kolesterol baik," imbuhnya.
ADVERTISEMENT
Namun, kata Andriyanto, meski memiliki kandungan kolesterol baik tetap perlu kehati-hatian bagi mereka yang memiliki riwayat tertentu, seperti hipertensi, kolesterol tinggi, dan jantung, ketika ingin mengonsumsi lobster.
"Mereka yang memiliki riwayat penyakit seperti jantung dan hipertensi, sebaiknya mengonsumsi lobster yang diolah dengan cara direbus atau dikukus, jangan yang digoreng. Atau kalau diolah dengan santan jangan dihangatkan karena santan yang dihangatkan akan menjadi lemak jenuh dan ini tidak baik bagi kesehatan," paparnya.
Dengan tekstur daging yang sangat lembut ketika dinikmati, tak heran banyak orang yang menyukai lobster. Namun tekstur daging yang lembut ini bisa hilang jika lobster dimasak dengan suhu yang terlalu tinggi.
"Masak lobster dengan suhu sedang agar tekstur dagingnya tetap lembut," tukas Andriyanto.
ADVERTISEMENT
Sederet manfaat yang dimiliki lobster bagi kesehatan tubuh dan tekstur dagingnya yang lembut, tak ayal menjadikan hidangan laut memiliki harga jual yang mahal di pasaran.