kumparan
search-gray
Food & Travel31 Juli 2020 13:51

Jangan Berlebihan, Ini Batas Ideal Konsumsi Daging di Hari Raya Kurban

Konten Redaksi BASRA
Jangan Berlebihan, Ini Batas Ideal Konsumsi Daging di Hari Raya Kurban (29919)
Pixabay.
Saat ini umat muslim di seluruh dunia tengah merayakan Hari Raya Idul Adha atau Hari Raya Kurban. Pada momen ini, stok daging melimpah dan kerap diolah menjadi beragam jenis makanan.
ADVERTISEMENT
Seperti sate, gulai daging, lapis daging, bakso, tongseng, hingga dendeng balado.
Namun, perlu diingat terlalu banyak mengonsumsi daging juga tidak baik bagi kesehatan tubuh. Alih-alih mendapat kenikmatan saat menyantapnya, tubuh kita malah akan merasa ngantuk, mengalami kenaikan berat badan, hingga kolesterol jika terlalu banyak mengonsumsi daging.
Lantas berapakah takaran ideal mengkonsumsi daging saat Hari Raya Kurban?
Estiningtyas Nugraheni Ketua IKA FKM Universitas Airlangga (Unair) Surabaya menjelaskan, pola konsumsi daging saat Hari Raya Kurban idealnya tetap sama dengan konsumsi makanan sehari-hari. Yaitu ¼ protein, ¼ karbohidrat, ¼ sayur, dan ¼ buah
"Prinsip utama mengatur porsi makanan adalah bergizi, bervariasi dan berimbang," jelas Esti, Jumat (31/7).
Esti menuturkan, pola makanan tersebut bersumber dari pola konsumsi masyarakat Asia yang lebih banyak mengonsumsi bahan pangan nabati.
ADVERTISEMENT
"Artinya kebiasaan makan kita bukan mengutamakan daging. Maka saat Hari Raya Kurban yang umumnya berlimpah daging, sebaiknya kita tetap mengendalikan diri dalam mengonsumsi makanan. Jangan berlebihan, karena sesungguhnya segala yang berlebihan itu tidak baik," tuturnya.
Esti mengungkapkan, dampak kesehatan yang timbul jika terlalu banyak mengonsumsi daging akan dipegaruhi oleh toleransi dari masing-masing individu.
"Kalau individu tersebut menderita hipertensi, sebaiknya dibatasi saja secukupnya, disesuaikan dnegan kondisi tubuhnya. Terus jangan lupa konsumsi buah dan sayur biar seimbang," pungkasnya.
Tulisan ini adalah kiriman dari publisher, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab publisher. Laporkan tulisan
sosmed-whatsapp-white
sosmed-facebook-white
sosmed-twitter-white
sosmed-line-white