kumparan
search-gray
Woman24 Juni 2020 9:26

Masker Denim Bikin Tetap Fashionable di Tengah Pandemi

Konten Redaksi BASRA
WhatsApp Image 2020-06-24 at 7.21.44 AM.jpeg
Mega Ma
Dunia fesyen tak kehilangan pamor meski diterpa pandemi COVID-19. Geliat fesyen masih berlangsung dengan makin kreatifnya kalangan desainer dalam berkarya di tengah pandemi.
ADVERTISEMENT
Ini seperti yang dilakukan desainer asal Surabaya, Mega Ma, yang berkreasi lewat masker denimnya. Mega memanfaatkan kain potongan denim untuk menjadi masker kain. Bahkan Mega juga menghias masker tersebut agar terlihat eye-cathing dan fashionable.
Mega mengaku sengaja memilih kain denim untuk masker karena hampir semua busana sehari-hari yang dipakainya berbahan denim. Sementara itu, satu meter kain denim bisa digunakan untuk 12 pasang masker.
“Proses pembuatan masker denim ini mudah. Pernak-perniknya juga gampang didapatkan di toko jahit, sehingga semua prosesnya bisa dilakukan sendiri di rumah,” ungkapnya.
Ada tiga bahan utama untuk masker kreasi Mega, yaitu denim, kain katun untuk bagian dalam, dan aneka aksesoris. Untuk aksesoris disesuaikan kebutuhan dan kreativitas masing-masing orang.
ADVERTISEMENT
Dia lalu memberi contoh aksesoris yang dapat digunakan, diantaranya pengait, rantai, dan ring berukuran kecil. Proses pembuatan satu masker denim membutuhkan waktu sekitar 40 menit.
Prosesnya, setelah menggambar desain menyerupai segitiga, Mega melapisi denim itu dengan kain katun. Kelebihan denim ini, tebal dan mudah menyerap keringat. Tetapi dalam penggunaannya perlu dilapisi kain katun.
WhatsApp Image 2020-06-24 at 7.23.05 AM.jpeg
Mega memilih kain katun karena bahan tersebut lebih memudahkan saat bernapas, bisa menyaring debu, dan dinilai paling bersahabat dengan kulit, bisa menyerap keringat. Terlebih, panggunaan masker pada area wajah.
“Bila kain tidak dapat menyerap keringat dengan sempurna, jerawat lebih cepat muncul,” tukas pemilik produk berlabel Malea ini.
Selain berbahan denim, Mega juga membuat masker dari bahan lain seperti batik dan brokat. Bahan-bahan itu dipilih Mega untuk menyesuaikan busana yang dimiliki.
ADVERTISEMENT
“Kita kan juga harus beraktivitas di luar rumah. Nah, saat keluar rumah itu tetap harus pakai masker. Daripada memakai masker kesehatan yang sebenarnya lebih disarankan untuk petugas medis, lebih baik membuat sendiri,” jelasnya.
Untuk perawatan masker kreasi Mega juga tidak susah, cukup direndam dengan sabun cair dan air hangat selama 15 menit, dibilas, kemudian dijemur.
Tulisan ini adalah kiriman dari publisher, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab publisher. Laporkan tulisan
sosmed-whatsapp-white
sosmed-facebook-white
sosmed-twitter-white
sosmed-line-white