News
·
10 November 2020 16:37

Onthel, Aplikasi Jasa Antar Barang yang Ramah Lingkungan

Konten ini diproduksi oleh BASRA (Berita Anak Surabaya)
Onthel, Aplikasi Jasa Antar Barang yang Ramah Lingkungan (362151)
Foto-foto: Amanah Nur Asiah/Basra
Dalam rangka memperingati Hari Pahlawan, Universitas Surabaya (Ubaya) meluncurkan sebuah aplikasi baru bernama 'Onthel'. Aplikasi tersebut merupakan jasa pengiriman barang ramah lingkungan (eco friendly delivery service) dengan menggunakan sepeda.
ADVERTISEMENT
Rektor Ubaya, Ir. Benny Lianto mengatakan, hadirnya aplikasi Onthel di masyarakat merupakan solusi praktis pengiriman barang atau dokumen customer dengan bantuan jasa mahasiswa Ubaya sebagai cyclist.
Selain itu, inovasi ini juga mengampanyekan pola hidup sehat dan peduli lingkungan kepada masyarakat dengan bersepeda.
"Kegiatan ini menjadi salah satu bukti persiapan Ubaya menjadi kontributor inovasi startup di Jawa Timur. Kami ingin mengajak mahasiswa jadi agent of change dan pahlawan lingkungan melalui inovasi 'Onthel' ini. Apalagi jasa pengiriman barang dengan sepeda secara luas masih belum ada di Surabaya, jadi boleh dikata aplikasi ini menjadi yang pertama,” kata Benny ketika ditemui Basra usai soft launching, Selasa (10/11). 
Onthel, Aplikasi Jasa Antar Barang yang Ramah Lingkungan (362152)
Benny menjelaskan, terdapat tiga misi startup Onthel. Pertama, sebuah gerakan peduli lingkungan yang memberikan penghasilan tambahan dan menyehatkan dengan mengajak mahasiswa bersepeda.
ADVERTISEMENT
Kedua, gerakan ini membantu mahasiswa yang kesulitan secara ekonomi akibat terdampak pandemi COVID-19. Ketiga memberikan gambaran dan praktik secara langsung mengenai kegiatan kewirausahaan dan inovasi yang berdampak luas bagi masyarakat.
"Melalui kegiatan ini mahasiswa dapat belajar mengaplikasikan apa yang sudah mereka pelajari dalam mata kuliah Kewirausahaan dan Inovasi,” jelasnya.
Untuk menggunakan aplikasi tersebut, Bryan Julio Themy selaku CEO Onthel menututkan, jika pertama user atau customer harus mengunduh aplikasi pada Play Store.
Selanjutnya, user mengisi identitas diri untuk masuk pada tampilan utama aplikasi.  Setelah itu, user atau customer dapat memasukkan alamat pengambilan, alamat tujuan pengantaran barang, dan memilih tanggal serta waktu pengambilan barang.
Onthel, Aplikasi Jasa Antar Barang yang Ramah Lingkungan (362153)
“Jika mau memesan pastikan pesan pengantaran barang satu hari sebelumnya menggunakan aplikasi. Nantinya kami akan mencarikan cyclist untuk mengambil dan mengantarkan barang ke tempat tujuan. Harga pada aplikasi ditentukan oleh seberapa jauh jarak yang nantinya ditempuh. Tarifnya per jarak 2 km Rp 3 ribu," tutur Bryan.
ADVERTISEMENT
Mahasiswa Program Studi Ilmu Ekonomi Fakultas Bisnis dan Ekonomika Ubaya ini juga mengungkapkan, barang yang diantarkan beratnya maksimal 5 kilogram atau dengan ukuran sekitar 60 cm.
Bahkan ke depan, pihaknya akan terus mengembangkan aplikaso tersebut agar masyarakat luas juga dapat menikmatinya.
"Untuk sepedanya juga akan kami modifikasi. Untuk pelayanannya juga masih di sekitar Surabaya dan cyclist-nya masih dari mahasiswa Ubaya. Kami berharap dengan ini masyarakat lebih aware mengampanyekan pola hidup sehat dan cinta lingkungan dengan bersepeda untuk mengurangi emisi gas yang ada di kota Surabaya,” pungkasnya.