kumparan
KONTEN PUBLISHER

Pesan Pejuang '45: Tugas Generasi Muda Mengharumkan Nama Bangsa

WhatsApp Image 2019-11-09 at 3.58.05 PM.jpeg
Foto-foto : Amanah Nur Asiah/Basra
Dalam rangka memperingati Hari Pahlawan, SMA 17 Agustus 1945 (SMATAG) Surabaya menggelar sarasehan bertema "Menanamkan Jiwa Patriotisme Pada Generasi Muda dalam Merajut Persatuan dan Kesatuan Bangsa", Sabtu (9/11).
ADVERTISEMENT
Dalam kegiatan tersebut, menghadirkan Pelda (Purn.) Suwoyo Veteran Ranting Sukolilo Surabaya, Serma Mar (Purn.) Iskak Soeratman Veteran Ranting Dukuh Pakis Surabaya, dan Kompol (Purn.) Minto Wahono Veteran Ranting Sukolilo Surabaya.
Para veteran ini memberikan pesan sekaligus semangat kepada ratusan siswa sebagai generasi penerus bangsa agar tidak melupakan jasa para pahlawan yang telah membela Ibu Pertiwi.
Minto Wahono, salah satu veteran mengatakan, jika ia sebagai veteran mempunyai tugas untuk membangkitkan dan menanamkan jiwa patriotisme pada generasi muda agar peduli terhadap bangsa Indonesia.
"Memang saat ini tugas mereka bukan memikul senjata, melainkan membawa nama harum bangsa Indonesia, orang tua, dan sekolah dengan prestasi," ungkap Minto ketika ditemui Basra, Sabtu (9/11).
WhatsApp Image 2019-11-09 at 3.58.04 PM.jpeg
Ia pun berharap, para siswa ini bisa menjadi teladan yang baik karena mereka adalah pahlawan masa kini.
ADVERTISEMENT
"Karena mereka adalah pahlawan masa kini yang mampu membawa nama baik bangsa Imdonesia. Minimal mereka bisa menghindari kenakalan remaja dan narkoba yang sangat merugikan diri sendiri," pungkasnya.
Sementata itu, Nuniek Silalahi, Ketua IWATA (Ikatan Wanita Perguruan 17 agustus 1945 Surabaya) mengaku senang karena para siswa sangat antusias untuk memperingati Hari Pahlawan.
Selain itu, Nunik berharap para siswa dapat meneladani dan mengambil nilai dari para pejuang bangsa.
"Keteladanan inilah yang dibutuhkan anak-anak untuk meneruskan perjuangan para pahlawan. Kalau tidak dimulai dari kita, mereka akan lupa tentang sejarah perjuangan para pahlawan. Semoga dengan adanya kegiatan ini anak-anak tetap mempunyai jiwa patriotisme," tutupnya.
Tulisan ini adalah kiriman dari publisher, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab publisher. Laporkan tulisan