kumparan
KONTEN PUBLISHER

Siswa SD di Surabaya Sabet 2 Emas dalam Ajang Asean Robotic Day

IMG20190923100123 (1).jpg
Ravael Vivekananda Akbar peraih 2 medali emas di Asean Robotic Day 19-20 September 2019. Foto-foto : Amanah Nur Asiah/Basra
Anak-anak Surabaya yang berprestasi di bidang robotik makin bertambah. Salah satunya Ravael Vivekananda Akbar, siswa SD Al Falah Surabaya ini berhasil membawa pulang dua medali emas di kompetisi Asean Robotic Day 2019 yang digelar pada 19-20 September 2019.
ADVERTISEMENT
Ravael yang masih duduk di kelas 5 SD ini menang Juara 1 di kategori Sumo RC 3 kilogram Junior dan Juara I di kategori Amphibious Solar Vehicle Junior.
Dalam kompetisi itu, Ravael harus berhadapan dengan tim asal Malaysia. "Untuk kategori robot sumo itu ada lima tim. Dua dari Malaysia, tiga dari Indonesia. Nah waktu itu lawannya dari Malaysia," kata Ravael ketika ditemui Basra pada Senin (23/9).
Ravael pun mengaku sempat mengalami kesulitan ketika menjalankan robot sumo. "Untuk menjalankan robot ini kan saya menggunakan remote. Nah bagaimana caranya kita bisa bertahan agar robotnya tidak jatuh atau keluar arena. Waktu itu tangan saya sampai gemetaran setelah tanding," ungkap siswa kelahiran Surabaya, 5 Desember 2008 ini.
ADVERTISEMENT
Sementara itu, untuk kategori robot amphibious, Ravael berhasil memecahkan rekor kecepatan hingga 15,37 detik.
robot-1797548_1920.png
Ilustrasi robot. Gambar oleh Erik Stein dari Pixabay
"Rekor kecepatan robot amphibious Indonesia sebelumnya itu 18 detik. Nah waktu saya ikut kompetisi ini, saya enggak percaya kalau robot Al Falah Mojopahit (nama robot) bisa lebih cepat," tutur Ravael.
Ravael sempat dituduh jika robotnya menggunakan baterai, karena kecepatan robotnya dapat mengalahkan rekor yang sudah ada.
"Robotku itu sempat dituduh menggunakan baterai, sampai akhirnya setelah lomba itu dibuka. Padahal untuk mesinnya saya menggunakan turbin dan solar panel," ucap Ravael.
Ravael berharap bisa mengikuti kompetisi robot lainnya hingga ke tingkat Internasional, sehingga dapat mengharumkan nama Indonesia.
Selain kedua prestasi itu, prestasi lain yang telah diraih Ravael yaitu Juara II Java Robot Contest (JRC) 2019 yang berlangsung pada 6-7 Juli 2019 di Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS).
ADVERTISEMENT
(Reporter: Amanah Nur Asiah/Editor: Windy Goestiana)
Tulisan ini adalah kiriman dari publisher, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab publisher. Laporkan tulisan