Woman
·
19 September 2020 16:48

Tak Sempat Perawatan di Klinik, Ini Tips Merawat Kulit Remaja

Konten ini diproduksi oleh BASRA (Berita Anak Surabaya)
Tak Sempat Perawatan di Klinik, Ini Tips Merawat Kulit Remaja (28489)
Inez Cosmetics for Basra
Selama pandemi COVID-19 tidak sedikit masyarakat yang tak dapat melakukan perawatan di salon atau klinik kecantikan karena khawatir akan paparan virus. Masyarakat pun dapat tetap melakukan perawatan sendiri di rumah.
ADVERTISEMENT
"Karena lebih banyak tinggal di rumah bukan berarti tidak bisa melakukan perawatan. Justru kita harus bisa menjaga penampilan meski tetap di rumah," tukas Agustina Pravitasari
Head of Digital Marketing & Promotion Inez Cosmetics kepada Basra, Sabtu (19/9).
Perawatan kulit, kata Agustina, harus dilakukan sedini mungkin. Menjaga kebersihan kulit menjadi hal dasar yang dapat dilakukan untuk mendapatkan kulit sehat.
"Perkembangan anak jaman sekarang sudah sangat cepat. Di usia SMP malah banyak yang sudah kenal make up. Nah, itu kenapa sebabnya perawatan kulit harus dilakukan sedini mungkin agar nantinya tidak cepat menimbulkan penuaan dini," jelas Agustina.
Lebih lanjut Agustina mengungkapkan, seiring bertambahnya usia, kulit akan kehilangan elastisitasnya. Pelembab dapat membantu kulit tetap kenyal dan terhidrasi.
ADVERTISEMENT
"Mulailah pakai pelembab sedari muda dan pakailah pelembab sesuai jenis kulit," tukasnya.
Secara terpisah, dr. Ni Putu Ary Widhyasti Bandem, M.Kes, Sp.KK, FINSDV, FAADV, Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin, memberikan tips perawatan kulit selama pandemi.
Sebelum melakukan perawatan kulit, ada baiknya mengenali jenis kulit. Menurutnya, setiap jenis kulit memiliki kebutuhan yang berbeda sehingga jika ingin hasil yang optimal hendaknya produk yang dipakai untuk perawatan disesuaikan dengan kulit wajah.
"Misalnya kulit normal biasanya tidak khawatir ketika mencoba produk apapun di wajahnya. Namun bagi mereka yang memiliki kulit sensitif tidak bisa sembarangan," ujarnya dalam talk show 'Perawatan Kulit di Masa Pandemi' yang diselenggarakan Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Surabaya, belum lama ini.
ADVERTISEMENT
Kemudian untuk membersihkan wajah, lanjutnya, ada baiknya menggunakan air hangat saat membersihkan wajah dan cukup keringkan dengan handuk bersih, jangan pernah menggosok handuk di wajah.
Hal yang tak kalah penting dilakukan adalah memakai tabir surya. Sinar UV yang berbahaya dapat mempercepat penuaan kulit dan memakai tabir surya sepanjang waktu akan menunda tanda-tanda penuaan.
"Jangan salah, sinar UV tidak hanya dari paparan sinar matahari. Sinar UV bisa juga dari layar komputer ataupun gawai. Nah, selama di rumah tetap harus pakai tabir surya," ujarnya.