kumparan
News3 Maret 2020 15:25

Tarik Minat Siswa, TNI AL Sosialisasi Pendaftaran Prajurit

Konten Redaksi BASRA
IMG-20200303-WA0051.jpg
Foto-foto : Masruroh/Basra
Sebanyak 350an siswa/siswi SMA Hangtuah 4 Surabaya dan SMA Hangtuah 5 Sidoarjo menerima sosialisasi pengenalan dan mekanisme pendaftaran calon Prajurit TNI AL Tahun 2020, Selasa (3/3). Bertempat di Aula SMA Hangtuah 5, sosialisasi itu dilakukan tim Werving Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Lantamal V) Surabaya.
ADVERTISEMENT
Kegiatan sosialisasai dengan tema 'Bergabunglah Bersama TNI AL Negara Menanti Dharma Bhaktimu Join The Navy To See The World', disambut antusias oleh ratusan siswa siswi yang merupakan perwakilan dari SMA Hangtuah 4 dan 5. Tak kurang 150an siswa SMA Hangtuah 4 dan 200an siswa SMA Hangtuah 5 cukup antusias ingin tahu lebih dalam tentang TNI AL, mulai dari cara pendaftaran prajurit baru, tes, pendidikannya, hingga kedinasan yang nantinya akan dijalani.
Mayor Laut Yani selaku Ketua Tim Sosialisasi Werving Lantamal V, mengucapan terima kasih kepada SMA Hangtuah 5 yang berkenan menjadi tuan rumah dalam acara sosialisasi, juga kepada siswa/siswi perwakilan sekolah yang hadir mengikuti acara sosialisasi tersebut.
"Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan sosialisasi bagaimana tata cara masuk TNI AL, cara mendaftar, dan apa saja yang perlu disiapkan sehingga nanti pada saat melaksanakan tes benar-benar sudah bisa mengikuti kegiatan sesuai dengan yang diinginkan," ujarnya kepada Basra, Selasa (3/3).
IMG-20200303-WA0050.jpg
Diakhir kampanye Tim Sosialisasi Werving Lantamal V memberikan motivasi kepada para siswa agar memiliki spirit menjadi siswa yang kuat, ulet, dan memiliki kepribadian yang baik, serta keimanan yang kuat, sehingga nantinya dapat berkompetisi bersama peserta lainnya dengan baik.
ADVERTISEMENT
Adapun informasi rekrutmen Bintara Prajurit Karier Gelombang I Tahun 2020 bagi lulusan SMA dibuka secara online mulai 1 Maret sampai 24 April 2020. Berikut persyaratan umum menjadi bintara marinir TNI AL:
1. Warga negara Republik Indonesia, pria dan wanita, beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa. Setia kepada NKRI yang berdasarkan Pancasila dan UUD Negara RI Tahun 1945.
2. Usia serendah-rendahnya 17 tahun 9 bulan dan setinggi-tingginya 22 tahun pada tanggal 30 Juli 2020.
3. Berijazah minimal lulusan SLTA atau SMA/MA/SMK semua jurusan dengan nilai rata-rata (UAN ditambah UAS) minimal 5,5 atau kelas 12 dengan nilai rata-rata rapot semester satu s/d lima tidak kurang dari 6,50 serta sudah terdaftar sebagai peserta UAN.
ADVERTISEMENT
4. Tinggi badan minimal 163 cm untuk Caba Pria dan 157 cm untuk Caba Wanita dengan berat badan seimbang.
5. Berkelakuan baik dan tidak sedang kehilangan hak untuk menjadi Prajurit berdasarkan putusan pengadilan yang telah memperoleh kekuatan hukum tetap disertai dengan Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK) dari Polres setempat.
6. Sehat jasmani dan rohani, tidak bertato dan bertindik maupun bekasnya, tidak buta warna dan tidak berkaca mata/memakai softlens.
7. Belum pernah menikah dan sanggup tidak menikah selama mengikuti Dikma dan selama 2 tahun setelah selesai pendidikan.
8. Bersedia menjalani Ikatan Dinas Pertama (IDP) selama 10 tahun terhitung saat mulai dilantik menjadi Sersan Dua.
9. Bersedia ditempatkan di seluruh Wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia
ADVERTISEMENT
Sementara itu Kepala Sekolah SMA Hangtuah 5 Erni Dwiyanti berterimakasih pula kepada Tim Sosialisasi Werving Lantamal V yang telah berkunjung ke sekolahnya untuk berbagi pengetahuan tentang ke Angkatan Lautan.
"Ini sangat bermaanfaat sekali bagi kami sehingga dengan tahu TNI AL lebih jauh, akan lebih membuka peluang meningkatnya animo siswa untuk mendaftar," tukasnya.
Tulisan ini adalah kiriman dari publisher, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab publisher. Laporkan tulisan