News
·
27 Maret 2021 15:30

Vaksinasi COVID-19 di Surabaya Sekarang Bisa Lewat Drive-Thru

Konten ini diproduksi oleh BASRA (Berita Anak Surabaya)
Vaksinasi COVID-19 di Surabaya Sekarang Bisa Lewat Drive-Thru (704246)
Proses pelayanan vaksinasi COVID-19 secara drive thru.
Masyarakat Surabaya kini tak perlu repot datang ke rumah sakit untuk melakukan vaksinasi COVID-19. Pasalnya, saat ini telah tersedia layanan vaksinasi secara drive thru yang berlokasi di Lapangan Parkir S1 Ubaya Teknik Industri, Surabaya.
ADVERTISEMENT
Layanan tersebut merupakan bentuk kolaborasi dari Dinas Kesehatan Kota Surabaya, RSHU, Halodoc, Gojek, dan juga Universitas Surabaya (Ubaya).
dr. Maxi Rein Rondonuwu, DHSM MARS - Plt. Direktur Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kementerian Kesehatan Republik Indonesia mengatakan, kolaborasi yang dilakukan tersebut tergolong sangat baik.
Dimana metode drive thru dipilih guna menyelesaikan target vaksinasi bagi para lansia dan juga pelayan publik yang harus selesai pada akhir Juni mendatang.
"Karena itu strategi (drive thru) seperti ini dapat semakin mendekatkan kita dengan target yang ingin dicapai," kata dr. Maxi, Sabtu (27/3).
dr. Maxi pun mengimbau, bagi masyarakat yang ber-KTP Kota Surabaya, khususnya kalangan lanjut usia agar segera mendaftarkan diri untuk mendapatkan vaksinasi secara gratis.
ADVERTISEMENT
Mereka bisa mendaftar melalui aplikasi Halodoc dan layanan GoMed di aplikasi Gojek.
"Dengan adanya pelayanan ini, kami berharap masyarakat semakin dimudahkan untuk mendapatkan vaksinasi yang aman dan praktis," pungkasnya.
Sementara itu, Dr. Ir. Benny Lianto, MMBAT, selaku Rektor Universitas Surabaya (UBAYA) mendukung penuh inisiatif pemerintah dalam mensukseskan program vaksinasi.
Selain itu, kolaborasi Ubaya dengan Halodoc dan Gojek dalam menyelenggarakan pos pelayanan vaksinasi juga sejalan dengan prinsip Tri Dharma Perguruan Tinggi, khususnya di bidang pengabdian masyarakat.
"Tentunya Fakultas Kedokteran (FK) Ubaya juga turut mendukung kegiatan yang bermanfaat ini demi kesejahteraan bersama," pungkasnya.
Salah seorang peserta vaksinasi, Soekirno mengapresiasi perhatian pemerintah yang memberikan prioritas vaksinasi tahap kedua ini kepada lansia.
“Sebagai mitra driver, tiap hari saya membawa banyak penumpang. Waktu mulai pandemi, awalnya khawatir juga. Tapi dengan selalu menerapkan protokol kesehatan, kemudian teratur ke Posko Aman Gojek supaya kendaraan didesinfektan, alhamdulillah sejauh ini sehat. Semoga dengan vaksinasi ini, corona makin menjauh,” ungkap pria 64 tahun ini.
ADVERTISEMENT
Diketahui, Pos Pelayanan Vaksinasi COVID-19 melalui drive-thru ini mampu mengakomodir hingga 1.000 vaksinasi per hari melalui pembukaan empat meja vaksinasi untuk dapat memfasilitasi penerima vaksin dalam jumlah besar tanpa harus mengantri lama. Layanan ini buka pada hari Senin hingga Sabtu dari pukul 08:00 - 16:00 WIB.