Pencarian populer

Bupati Kukuhkan Fapsedu Kabupaten Blora

Oleh Priyo Spd

Blora - Dinas Pengendalian Kependudukan dan Keluarga Berancana Kabupaten Blora, melakukan Pengukuhan Forum Antar Umat Beragama Peduli Keluarga Sejahtera dan Kependudukan (FAPSEDU) Koalisi Muda Kependudukan, yang di rangkai dengan Pencanangan Kesatuan Gerak PKK- Kependudukan, Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga (PKK-KKBPK) Kesehatan, Tingkat Kabupaten Blora Tahun 2018 dan Seminar Peningkatan Kualitas Sumber Daya Manusia.

Acara yag digelar di Pendopo Rumah Dinas Bupati Blora, Kamis (23/08/2018) tersebut di buka oleh Bupati Blora dan di tandai pemukulan gong oleh Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Blora, Hj Umi Kulsum dan di dampingi oleh Ibu Wakil Bupati, Perwakilan Bhayangkari Cabang Blora dan Ketua Persit KCK Kabupaten Blora.

Kepala Dinas Pengendalian Kependudukan dan Keluarga Berancana Blora Winarno mengatakan, bahwa kegiatan tersebut memang di rangkaikan menjadi satu sehingga lebih terkoordinir.

“Diharapkan dengan adanya kegiatan yang terpusat menjadi satu ini bisa memperkuat kemitraan pemerintah dan seluruh pemangku kepentingan untuk menjadikan penduduk dan keluarga sebagai titik sentral pembangunan.” ujarnya.

Tak hanya itu, lanjut Winarno, peningkatan peran serta masyakarat juga sangat penting dalam menangani permasalahan kependudukan di Kabupaten Blora untuk mewujudkan penduduk yang berkualitas.

“Alhamdulilah, Kabupaten Blora peringkat dua terbaik se Jawa Tengah untuk pengendalian penduduk.” terangnya.

Sementara itu Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi jawa tengah yang di wakili oleh Kepala Bidang (Kabid) Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (Dalduk KB) Provinsi Jawa Tengah, Drs Nurudin Pribadi MSi mengatakan, pengukuhan Fapsedu merupakan mitra, sehingga hal tersebut sangat positif dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

“Tujuan di bentuknya Fapsedu ini bisa mencarikan solusi dalam kesejahteraan masyakarat.” ungkapnya

Ia menjelaskan permasalahan kependudukan saat ini tidak hanya dari kelahiran, kematian, migrasi, adminsitrasi kependudukan, tetapi lebih komplek dengan masalah lingkungan, tenaga kerja dan lain lain. Dalam permasalahan keluarga berancana salah satunya dari kuantitas, jumlah penduduk yang semakin bertambah, menjadikan permasalahan yang berarti.

“Jawa Tengah sendiri secara nasional di peringkat 3 dan ini menjadi perhatian bagi kita yaitu kelahiran usia muda.” terangnya

Sedangkan di kualitas indek pembangunan manusia dari keshatan dan angka kehidupan manusia.

“Stanting atau pertumbuhan anak yang lamban (pendek) akibat kekurangan gizi, dan kesehatan masyarakat juga masih menjadi persoalan yang kita perhatikan secara khusus,” Imbuhnya.

Oleh sebab itu di harapkan peran Fapsedu dan Koalisi Muda Kependudukan ini sangat penting, keberhasilannya di harapkan membawa pengaruh positif di berbagai bidang.

Dirinya berharap agar semua bisa berkomitmen pada upaya meningkatkan kualitas manusia guna mewujukan penduduk yang tumbuh seimbang dan mandiri.

“Kami juga apresiasi adanya kegiatan ini, sehingga blora juga salah satu kabupaten terbaik dalam pelaksanaan program pengendalaian penduduk tingkat jawa tengah,” ucapnya

Sementara itu Bupati Blora Djoko Nugroho mengaku tiga organisasi ini mengerucut pada satu tujuan yaitu sumber daya manusia.

“Tentu ini sangat penting dan menjadi perhatian kita semua. Fapsedu ini luar biasa, tentu ini akan membantu pertumbuhan yang ada di blora dan membatu peningkatan kualitas manusia,” tegasnya.

Bupati menjelaskan salah satu permasalahan yang ada di jawa tengah dan Blora adalah sumber daya manusia.

“Ayo kita maju dan bangkit, di Jawa Tengah kemiskinan turun satu digit, dari 12 turun menjadi 11 persen dan semoga dari jumlah itu Blora penyumbang terbanyak dalam pengurangan kemiskinan,” haapnya.

Dalam acara tersebut juga di ikuti oleh para camat, OPD, Tim Pengerak PKK Kecamatan, Petugas PLKB, PPKBD, Dharma Wanita.

Acara di akhir dengan seminar peningkatan Kualitas Sumber Daya Manusia bagi para peserta.(teg/imm)

Tulisan ini adalah kiriman dari publisher, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan & Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: 1.1.60