Pencarian populer

Kebakaran Bus Agra Mas di Bojonegoro Akibat Korsleting Instalasi AC

Kondisi bus Agra Mas, nomor polisi B 7371 KGA, saat terbakar di Terminal Rajekwesi Bojonegoro, Sabtu (16/02/2019).
Bojonegoro - Diberitakan sebelumnya, kebakaran nyaris menghanguskan bus Agra Mas, jurusan Bogor - Bojonegoro, yang sedang terparkir di area parkir Terminal Rajekwesi, di Jalan Veteran turut Desa Sukorejo Kecamatan Bojonegoro Kota, Sabtu (16/02/2019) sekira pukul 09.00WIB pagi tadi.
ADVERTISEMENT
Penyebab kebakaran atau sumber api diduga berasal dari korsletinga listrik yang berasal dari instalasi AC, yang berada di atap bus.
Tidak ada korban jiwa maupun korban luka-luka dalam peristiwa tersebut, Namun kerugian material akibat kebakaran tersebut diperkirakan mencapai Rp 100 juta.
Petugas Pemadam Kebakaran saat melakukan pemadaman bus Agra Mas, nomor polisi B 7371 KCA, yang terbakar di Terminal Rajekwesi Bojonegoro, Sabtu (16/02/2019).
Kapolsek Bojonegoro Kota, Komisaris Polisi (Kompol) Eko Dhani Rinawan S SH, kepada awak media ini menuturkan bahwa kronologi peristiwa kebakaran tersebut bermula, pada Sabtu (16/02/2019) sekira pukul 04.30 WIB, bus Agra Mas nomor polisi B 7371 KGA tersebut tiba di terminal Rajekwesi Bojonegoro.
Bus Agra Mas bernomor polisi B 7371 KCA, jurusan Bogor - Bojonegoro tersebut, lanjut Kapolsek, dikemudikan Heri Priyanto (42) warga Desa Wegil RT 001 RW 001 Kecamatan Sukolilo Kabupaten Pati Provinsi Jawa Tengah, dengan kenek Lukman (42), warga Desa Gubung Kecamatan Gubung kabupaten Grobokan Provinsi Jawa Tengah.
ADVERTISEMENT
Menurut Kapolsek, sekira pukul 06.00 WIB, bus tersebut dicuci oleh awak bus dan pada pukul 07.00 WIB, setelah usai dicuci, awak bus memindahkan bus dari area parkir sebelah selatan, ke area parkir sebelah utara terminal Rajekwesi Bojonegoro.
“Saat diparkir, mesin bus dalam keadaan mati. Kemudian bus ditinggal oleh awak bus untuk beristirahat,” kata kapolsek.
Selanjutnya sekira pukul 09.00 WIB, kenek bus melihat asap hitam keluar dari dalam bus, sehingga kenek bus tersebut segera melihat ke dalam bus dan melihat ada kobaran api di kabin atas bus sebalah kanan, sehingga kenek bus tersebut segera meminta tolong pada warga yang ada di terminal dan memberitahu pengemudi bus.
“Namun api semakin membesar hingga akhirnya petugas terminal menghubungi dinas Pemadam Kebakaran Bojonegoro, untuk membantu memadamkan api. Setelah dilakukan pemadaman, akhirnya api berhasil dipadamkan.” kata Kapolsek
ADVERTISEMENT
Kondisi bus Agra Mas, nomor polisi B 7371 KGA, usai terbakar di Terminal Rajekwesi Bojonegoro, Sabtu (16/02/2019).
Berdasarkan hasil olah TKP dan keterangan saksi-saksi, penyebab kebakaran atau sumber api diduga berasal dari korsletinga listrik yang berasal dari instalasi AC, yang berada di atap bus.
“Tidak ada korban jiwa maupun luka luka. Kerugian material diperkirakan mencapai 100 juta rupiah. Seluruh bangku dan kabin bus hangus terbakar,” kata Kompol Eko Dani Rinawan.
Masih menurut Kapolsek, saat ini pihaknya masih berkoordinasi dengan Koordinator Satuan Pelayanan (Korsatpel) Terminal Type A Rajekwesi Bojonegoro dan pihak pemilik bus, untuk mengevakuasi bus tersebut menuju bengkel.
“Pihak pemilik bus akan segera mengevakuasi bus yang terbakar tersebut menuju bengkel.” pungkas Kapolsek. (red/imm)
Penulis: Imam Nurcahyo
Artikel ini telah dipublish di: https://beritabojonegoro.com
ADVERTISEMENT
Tulisan ini adalah kiriman dari publisher, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan dan Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: 1.1.85