News
·
17 Mei 2020 6:07

Oase Ramadan: 7 Kemuliaan pada Bulan Ramadan

Konten ini diproduksi oleh Berita Bojonegoro
Oase Ramadan: 7 Kemuliaan pada Bulan Ramadan (527214)
Ilustrasi: al-Quran (foto shutterstock)
BAGI orang islam yang beriman, tentang bulan Ramadan tentu merasa terhormat diberi kesempatan Allah untuk bisa bertemu bulan Ramadan, karena bulan Ramadan punya banyak keistimewaan dan ke utamaan antara lain :
ADVERTISEMENT
1.Bulan Diturunkannya Al-Quran:
Bulan Ramadan merupakan bulan dimana kitab suci umat Islam (Al-Qur’an) pertamakali diturunkan.
Sesuai dengan QS. Al-Baqarah 185 yang artinya:
Beberapa hari yang ditentukan itu ialah bulan Ramadan, bulan yang di dalamnya diturunkan (permulaan) Al-Quran sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu dan pembeda (antara yang hak dan yang batil).”
2.Amal Sholeh Yang Berlipat Ganda:
Dari Abu Hurairah, Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa sllam bersabda: Setiap amalan kebaikan yang dilakukan oleh manusia akan dilipatgandakan dengan sepuluh kebaikan yang semisal hingga tujuh ratus kali lipat. Allah Ta’ala berfirman (yang artinya), “Kecuali amalan puasa. Amalan puasa tersebut adalah untuk-Ku. Aku sendiri yang akan membalasnya. Disebabkan dia telah meninggalkan syahwat dan makanan karena-Ku. Bagi orang yang berpuasa akan mendapatkan dua kebahagiaan yaitu kebahagiaan ketika dia berbuka dan kebahagiaan ketika berjumpa dengan Rabbnya. Sungguh bau mulut orang yang berpuasa lebih harum di sisi Allah daripada bau minyak kasturi.” (HR. Bukhari no. 1904, 5927 dan Muslim no. 1151)
ADVERTISEMENT
3.Bulan Penuh Keberkahan:
Seperti hadits dibawah ini:
Sesungguhnya telah datang kepadamu bulan yang penuh berkah. Allah mewajibkan kamu berpuasa, karena dibuka pintu-pintu surga, ditutup pintu-pintu neraka, dan dibelenggu syaitan-syaitan, serta akan dijumpai suatu malam yang nilainya lebih berharga dari seribu bulan. Barangsiapa yang tidak berhasil memperoleh kebaikannya, sungguh tiadalah ia akan mendapatkan itu untuk selama-lamanya.” (HR Ahmad, An-Nasa’l, dan Baihaqi).
4.Ramadan Bulan Pengampunan Dosa:
Sesuai hadist shahih:
Barangsiapa yang berpuasa Ramadan karena iman dan ihtisab, maka akan diampuni dosa-dosanya yang lalu.” (HR. Bukhari)
Salat yang lima waktu, dari jumat ke jumat, dan ramadan ke ramadan, merupakan penghapus dosa di antara mereka, jika dia menjauhi dosa-dosa besar.” (HR. Muslim)
ADVERTISEMENT
5.Pintu Surga Dibuka, Pintu Neraka Ditutup:
Sesuai dalam hadist dibawah ini:
Jika datang Ramadan, maka dibukalah pintu-pintu surga, ditutup pintu-pintu neraka dan syetan dibelenggu.” (HR. Muslim)
6.Bulan yang Mendidik untuk Mencapai Ketaqwaan:
Sesuai dalam surat Al-Quran yang artinya:
Hai orang-orang yang beriman diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana telah diwajibkan atas orang-orang yang sebelum kamu agar kamu bertaqwa.” (QS. Al Baqarah 183)
7.Terdapat Malam Lailatul Qadar :
Allah berfirman :
Sesungguhnya Kami telah menurunkannya (Al Quran) pada lailatul qadar (malam kemuliaan). Dan tahukah kamu apakah malam kemuliaan itu? Malam kemuliaan itu lebih baik dari seribu bulan.” (QS. Al Qadr 1-3)
Sebenarnya masih banyak lagi kemuliaan dalam bulan Ramadan, namun yang paling utama adalah seperti yang ke tujuh poin diatas. (*/imm)
ADVERTISEMENT
Penulis: Drs H Sholikhin Jamik SH MH [Ketua Kelompok Bimbingan Ibadah Haji (KBIH) Masyarakat Madani Bojonegoro]
Editor: Imam Nurcahyo
Publisher: Imam Nurcahyo
Artikel ini telah terbit di: https://beritabojonegoro.com