News
·
30 Juli 2021 11:27
·
waktu baca 3 menit

Pemkab Bojonegoro Percepat Realisasi Bantuan Lansung Tunai Dana Desa

Konten ini diproduksi oleh Berita Bojonegoro
Pemkab Bojonegoro Percepat Realisasi Bantuan Lansung Tunai Dana Desa (752947)
searchPerbesar
Ilustrasi: Gedung Pemkab Bojonegoro. (istimewa)
Bojonegoro - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bojonegoro, melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Bojonegoro, lakukan percepatan realisasi Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT DD) untuk bulan April, Mei, dan Juni 2021, yang ditargetkan cair dalam minggu depan.
ADVERTISEMENT
Sementara untuk bulan Juli, Agustus dan September 2021, reaslisasinya akan dipercepat dan ditargetkan pada minggu kedua atau pertengahan Agustus 2021.
Berdasarkan data DPMD Kabupaten Bojonegoro, pagu anggaran BLT DD di Kabupaten Bojonegoro untuk 419 desa di Kabupaten Bojonegoro sebesar Rp 45,86 miliar, dengan jumlah keluarga penerima manfaat (KPM) se-Kabupaten Bojonegoro sebanyak 12.699 keluarga.
Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT DD) tersebut yang semula dicairkan setiap bulan, kini dapat dicarikan langsung untuk tiga bulan.
Pemkab Bojonegoro Percepat Realisasi Bantuan Lansung Tunai Dana Desa (752948)
searchPerbesar
Pagu anggaran Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT DD) Kabupaten Bojonegoro sebesar Rp 45,86 miliar, dengan jumlah penerima sebanyak 12.699 keluarga. #publisherstory
Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Bojonegoro, Machmuddin pada Jumat (30/07/2021) mengatakan, percepatan realisasi BLT DD tersebut sesuai hasil koordinasi bersama antara Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Mendes PDTT), Kementrian Keuangan, dan Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN).
ADVERTISEMENT
"Dari yang semula cair setiap satu bulan sekali, kini dapat dicarikan langsung untuk tiga bulan." kata Machmuddin.
Sebelumnya, Bupati Anna Mu'awanah, dalam sambutannya saat melantik kepala desa pengganti antar waktu (PAW) Desa Sumberagung, Kecamatan Dander, Kabupaten Bojonegoro di Pendopo Malowopati Senin (26/7/2021) lalu meminta untuk dilakukan percepatan penyaluran bantuan sosial (bansos) yang telah memiliki kriteria.
"Percepatan realisasi BLT DD ini juga sejalan dengan perintah Bupati Bojonegoro Anna Mu’awannah untuk meningkatkan peran dalam penyaluran bantuan sosial (bansos) oleh pemerintah desa." kata Machmuddin.
Berdasarkan data DPMD Kabupaten Bojonegoro, pagu Anggaran BLT DD di Kabupaten Bojonegoro sebesar Rp 45,86 miliar, dengan jumlah keluarga penerima manfaat (KPM) se-Kabupaten Bojonegoro sebanyak 12.699 keluarga.
Menurutnya, untuk BLT DD Bulan Januari-Maret 2021, dari 419 desa di Kabupaten Bojonegoro semuanya telah mencairkan. Sementara untuk bulan April-Juni 2021, pencairannya masih bervariasi, yaitu untuk Bulan April 201 sudah 328 desa yang mencairkan. Untuk bulan Mei 2021, ada 199 desa yang sudah mencairkan, dan untuk bulan Juni 2021, baru 21 desa yang mencairkan.
ADVERTISEMENT
"Untuk bulan April-Juni 2021, sementara ini terrealisasi Rp 16,257 miliar atau 35,44 persen." kata Machmuddin.
Machmuddin menjelaskan bahwa realisasi memang kecil karena dananya baru masuk bulan Juni 2021. Tetapi menurutnya selama dua minggu ke depan, untuk BLT DD bulan April-Juni 2021, ditargetkan bisa dibayarkan semuanya, Sedangkan untuk BLT DD bulan Juli-September 2021, ditargetkan bisa tuntas pada bulan September 2021.
“Untuk BLT DD bulan April-Juni 2021, minggu kedua atau paling lambat minggu ketiga Agustus 2021 sudah terrealisasikan semuanya. Selelah itu berlanjut untuk bulan Juli, Agustus, dan September 2021. Dan percepatan ini kemarin sudah dikoordinasikan atau disampaikan pada kecamatan melalui vidcon,” kata Mchmuddin.
BLT adalah bantuan uang tunai kepada keluarga miskin di desa, untuk mengurangi dampak pandemi COVID-19, dengan besaran Lanjutnya, yang diterima oleh setiap keluarga penerima manfaat (KPM) yakni Rp 300 ribu per bulan dan diberikan selama 12 bulan. (adv/imm)
ADVERTISEMENT
Editor: Imam Nurcahyo
Publisher: Imam Nurcahyo
Story ini telah dipublish di: https://beritabojonegoro.com