kumparan
KONTEN PUBLISHER
15 Februari 2020 19:05

Salah Satu WNI yang Dipulangkan Dari Wuhan China, Warga Bojonegoro

foto kumparan.jpg
Suasana pemulangan WNI Usai Menjalani Observasi di Natuna, Sabtu (15/02/2020) Foto: kumparan
Bojonegoro - Sebanyak 285 WNI yang sebelumnya telah menjalani masa observasi terkait virus corona, pada Sabtu (15/02/2020) siang siang, dipulangkan ke daerah asal masing-masing, setelah para WNI tersebut dipastikan tidak ada satupun yang mempunyai gejala dan tanda berkaitan dengan Coronavirus Dlsease (CONVID-19).
ADVERTISEMENT
Rombongan 285 WNI yang dipulangkan tersebut terdiri dari 238 WNI yang sebelumnya tinggal di Wuhan China, 5 tim advance KBRI Beijing dan 42 orang tim penjemput.
Salah satu dari 285 WNI tersebut merupakan warga Kabupaten Bojonegoro.
Sebelumnya, 285 WNI tersebut telah diobservasi terkait virus corona selama 14 hari di Lanud Raden Sadjad, Natuna, sejak Minggu (02/02/2020) hingga Sabtu (15/02/ 2020) pukul 12.00 WIB.
Selama masa observasi, para WNI tersebut menjalani serangkaian tes kesehatan yang dilakukan secara berkala untuk memastikan mereka tak menunjukkan gejala virus corona, dan hingga masa observasi berakhir, para WNI tersebut dinyatakan sehat dari virus corona.
Kementerian Kesehatan juga telah memberikan surat keterangan sehat kepada seluruh warga yang dilakukan observasi tersebut.
ADVERTISEMENT
Pantauan kumparan, proses pemulangan para WNI itu dipimpin langsung Menko Pemberdayaan Manusia dan Kebudayaan, Muhadjir Effendy, Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto, dan Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Doni Monardo.
Para WNI tersebut diterbangkan dalam tiga gelombang dari Lanud Raden Sadjad, Natuna menuju Bandara Halim Perdana Kusuma, Jakarta. Setibanya di Bandara Halim Perdanakusuma, para WNI itu akan melanjutkan perjalanan ke daerah asal masing-masing.
Terpisah, Kepala Bidang (Kabid) Pencegahan dan Pengendalian Penyakit, Dinas Kesehatan Kabupaten Bojonegoro, Totok Ismanto BSc SPd M MKes, saat dikonfirmasi awak media ini membenarkan bahwa dari berdasarkan surat dari Kementerian KesehatainRepublik Indonesia, bahwa dari 238 WNI yang sebelumnya dipulangkan dari Wuhan China, terdapat satu orang warga Kabupaten Bojonegoro.
ADVERTISEMENT
"Iya ada satu yang dipulangkan dari Natuna, karena sudah dinyatakan sehat setelah dilakukan karantina. Hari ini dikembalikan ke keluarganya karena sudah dalam kondisi sehat. Tidak terinfeksi novel corona virus," tutur totok Ismanto.
Totok menerangkan bahwa pihaknya tetap akan melakukan pemantauan terhadap warga yang baru pulang tersebut. "Tetap kami pantau kesehatannya," katanya mengimbuhkan. (dan/imm)
Reporter: Dan Kuswan SPd
Editor: Imam Nurcahyo
Publisher: Imam Nurcahyo
Artikel ini telah terbit di: https://beritabojonegoro.com
Tulisan ini adalah kiriman dari publisher, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab publisher. Laporkan tulisan