kumparan
28 Des 2018 16:27 WIB

Indonesia Segera Bangun Pusat Kebudayaan di Arab Saudi

Malang (beritajatim.com) - Setelah mengunjungi Festival Janadriyah ke-33 di Kota Riyadh, Arab Saudi, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhadjir Effendy mengatakan Indonesia akan membuat pusat kebudayaan di Jeddah, Arab Saudi.
ADVERTISEMENT
Langkah pertama Indonesia adalah dengan melakukan Memorandum of Understanding (MoU) dengan pemerintah Arab Saudi. Menurutnya, pembangunan pusat budaya di Arab Saudi sebagai langkah diplomasi lunak yang dipilih Indonesia.
"Karena diplomasi yang paling bagus sekarang kan melalui persahabatan tukar menukar budaya saling memahami saling meningkatkan. Kita sesama negara muslim," kata Muhadjir saat di Malang, Jumat, (28/12/2018).
Muhadjir menyebut, MoU yang ditandatangani adalah dibidang kebudayaan. Nantinya, Indonesia bakal terus mengirim seniman ke Arab Saudi. Komjen Indonesia di Jeddah, Arab Saudi kini sedang mencari lokasi untuk pembangunan pusat kebudayaan.
"Saya sudah minta pak Komjen untuk menjajaki mencari lokasi mana yang paling ideal. Sehingga marwah dan martabat Indonesia biar agak gagah lah di Arab Saudi kita punya pusat kebudayaan," papar Muhadjir.
ADVERTISEMENT
Pusat kebudayaan nantinya diharapkan menjadi tempat berkumpulnya para pelajaran Indonesia di Arab Saudi. Kemendikbud berjanji bakal lebih memperhatikan nasib pelajar Indonesia di Arab Saudi.
"Kita harus perhatikan, juga pendidikan terutama untuk anak Indonesia yang ada disana baik yang ada di Riyadh, Jeddah maupun Makkah dan Madinah yang belum tertangani dengan baik," tandasnya. (luc/kun)
malang (beritajatim.com) - setelah mengunjungi festival janadriyah ke-33 di kota riyadh, arab saudi, menteri pendidikan dan kebudayaan muhadjir effend
Tulisan ini adalah kiriman dari publisher, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan