Pencarian populer

Jokowi Beber Rencana Ibu Kota Pindah ke Kalimantan

Jakarta (beritajatim.com) – Presiden Joko Widodo menyampaikan Pidato Kenegaraan dalam Rangka Hut Ke-74 Proklamasi Kemerdekaan di Depan Sidang Bersama Dewan Perwakilan Daerah (DPD) dan Dewan Perwakilan Rakyat (DPR). Dalam kesempatan itu, Presiden Jokowi kembali menegaskan terkait pemindahan ibu kota ke Kalimantan.
ADVERTISEMENT
“Pada kesempatan yang bersejarah ini. Dengan memohon ridho Allah SWT, dengan meminta izin dan dukungan dari Bapak Ibu Anggota Dewan yang terhormat, para sesepuh dan tokoh bangsa terutama dari seluruh rakyat Indonesia, dengan ini saya mohon izin untuk memindahkan ibu kota negara kita ke Pulau Kalimantan,” kata Presiden Jokowi di komplek Parlemen, Jumat (16/8/2019).
Menurutnya, Ibukota yang bukan hanya simbol identitas bangsa, tetapi juga representasi kemajuan bangsa. Hal ini demi terwujudnya pemerataan dan keadilan ekonomi. “Ini demi visi Indonesia Maju. Indonesia yang hidup selama-lamanya,” ujar presiden.
Presiden Jokowi juga sempat menyinggung, Ring of fire yang melingkari wilayah Indonesia bisa menghadirkan bencana tanpa diduga sebelumnya. Hampir seluruh wilayah Indonesia merupakan wilayah rentan bencana. “Gempa bumi tanah longsor gunung meletus tsunami, kebakaran hutan, banjir,” katanya.
ADVERTISEMENT
Oleh karena itu, lanjut Presiden, sikap sigap dan waspada menghadapi ketidakpastian sangatlah penting! Kapasitas dalam mengelola risiko menghadapi gejolak ekonomi global mengelola bencana yang tidak terduga harus diperkuat. Pembangunan harus sensitif terhadap berbagai risiko. Infrastruktur harus disiapkan mendukung mitigasi risiko bencana.
“Masyarakat juga harus waspada dan sadar risiko,” kata Jokowi. [hen/but]
Tulisan ini adalah kiriman dari publisher, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan dan Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: 1.1.86