kumparan
13 Des 2018 11:52 WIB

Kota Kediri Jadi Pilot Project Penerapan Kartu Nikah

Kediri (beritajatim.com) - Kota Kediri menjadi salah satu daerah percontohan di Jawa Timur untuk penerapan kartu nikah. Sesuai data, ada tujuh daerah yang akan segera menerbitkan kartu nikah diantaranya Surabaya, Batu, Malang, Mojokerto, Pasuruan, Madiun dan Kota Kediri.
ADVERTISEMENT
Sesuai rencana kartu nikah ini akan diberikan bersamaan dengan buku nikah dan bukan sebagai pengganti buku nikah, melainkan sebagai pelengkap. Kasi Bimbingan Masyarakat (Binmas) Kantor Kemenag Kota Kediri, Ahmad Zamroni mengatakan, kartu nikah tersebut akan terkoneksi dengan data kependudukan sehingga sehingga langsung bisa dicek status mereka.
"Kartu nikah ini tidak bisa dipalsu atau ditiru karena dilengkapi barcode yang bisa mengintegrasikan dengan data kependudukan di dispenduk capil," kata Ahmad Zamroni, Kamis (13/12/2018).
Seperti dikethui peralatan yang telah dikirim ke Kemenag Kota Kediri adalah printer, ada tiga ribu keping kartu nikah kosongan. Ada beberapa keuntungan terkait keberadaan kartu nikah diantaranya, fleksibel mudah dibawa kemana-mana.
Kemudian terdapat barcode jika dipindai maka akan keluar data pasangan, terhubung dengan data kependudukan dan tidak bisa dipalsukan karena memiliki pengaman. [nng/suf]
ADVERTISEMENT
kediri (beritajatim.com) - kota kediri menjadi salah satu daerah percontohan di jawa timur untuk penerapan kartu nikah. sesuai data, ada tujuh daerah
Tulisan ini adalah kiriman dari publisher, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan