kumparan
9 Jan 2019 15:12 WIB

Survei di Jatim: Jokowi-Ma’ruf Amin 55,9%, Prabowo-Sandiaga Uno 32,1%

Surabaya (beritajatim.com) – Surabaya Survei Center (SSC) merilis hasil survei elektabilitas kedua pasangan Calon Presiden (Capres)-Calon Wakil Presiden (Cawapres) di Jawa Timur pada Rabu (9/1). Survei tersebut menunjukkan pasangan Capres-Cawapres nomor urut 01, Jokowi-Ma'ruf Amin, unggul.
ADVERTISEMENT
Jokowi-Ma'ruf Amin memperoleh 55,9 persen suara, sedangkan pasangan Capres-Cawapres nomor urut 02, Prabowo-Sandiaga Uno, memperoleh 32,1 persen suara. “Sebanyak 12 persen sisanya masih merupakan undecided voters (pemilih yang belum menentukan pilihan),” kata Direktur SSC, Mochtar W. Oetomo.
Mochtar mengatakan dengan hasil tersebut maka pasangan Jokowi-Ma'ruf Amin dipastikan menang di Jawa Timur jika Pemilihan Presiden (Pilpres) dilakukan saat ini.
“Tapi karena Pemilu pada bulan April, dengan perolehan undecided voters yang mencapai 12 persen dan margin of error sebanyak 3 persen, maka semuanya masih sangat mungkin terjadi,” jelas Mochtar.
“Pasangan Prabowo-Sandiaga Uno masih mungkin mengejar ketertinggalan yang ada pada data saat ini. Meskipun tidak bisa dipungkiri pula saat ini pasangan Jokowi-Ma’ruf Amin memimpin kontestasi dengan jarak yang cukup jauh,” sambungnya.
ADVERTISEMENT
Survei elektabilitas dari SSC itu dilakukan pada 10 sampai 20 Desember 2018 di 38 kabupaten dan kota di Jawa Timur. Survei yang melibatkan 1.070 responden itu dilakukan dengan teknik stratified multistage random sampling dengan margin of error sekitar 3 persen dan tingkat kepercayaan sebesar 95 persen. [ifw/but]
Tulisan ini adalah kiriman dari publisher, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan