Bola & Sports
·
26 November 2017 0:13

Ditahan Imbang West Brom 1-1, Spurs Kehilangan Momentum Kejar City

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Ditahan Imbang West Brom 1-1, Spurs Kehilangan Momentum Kejar City (264970)
Kane melakukan protes kepada wasit. (Foto: REUTERS/Hannah McKay)
Tottenham Hotspur lagi-lagi gagal memanfaatkan momentum setelah hanya bermain imbang 1-1 dengan West Bromwich Albion pada lanjutan pekan ke-13 Premier League, Sabtu (25/11/2017) di Wembley. Bahkan, The Lilywhites harus ketinggalan lebih dulu lewat gol cepat Salomon Rondon di menit keempat, sebelum akhirnya Harry Kane muncul sebagai penyelamat lewat golnya di menit 74.
ADVERTISEMENT
Dengan hasil imbang tersebut, kedua kesebelasan sama-sama belum beranjak dari posisinya. Spurs masih tertahan di peringkat keempat dengan koleksi 12 poin. Sedangkan West Brom yang baru mengumpulkan 11 angka, masih berkutat di urutan 17.
Di atas kertas, Spurs tentu lebih diunggulkan ketimbang tamunya pada laga kali ini. Betapa tidak, West Brom belum pernah mencicipi kemenangan pada 10 pertandingan termutakhir. Bahkan empat laga beruntun di antaranya berakhir dengan kekalahan.
Meskipun begitu, Spurs tengah mengalami krisis di lini pertahanan. Toby Alderweireld kudu ditepikan akibat cedera, menyusul Victor Wanyama yang lebih dulu diistirahatkan karena alasan yang sama.
Oleh karena itu, Mauricio Pochettino kemudian mengaplikasi formasi dasar 4-2-3-1 untuk menyiasati absennya Alderweireld. Eric Dier dan Harry Winks menjadi poros ganda, sementara Son Heung-Min, Dele Alli, dan Christan Eriksen menjadi penyokong Harry Kane.
ADVERTISEMENT
Kedudukan sudah berubah saat laga baru berjalan empat menit. Adalah Rondon yang berhasil mencetak gol pembuka West Brom. Usai menerima umpan dari Jake Livermore, dia melepaskan tendangan ke sisi kanan gawang tak mampu dihalau Hugo Lloris. Gol tersebut merupakan gol kedua penyerang asal Venezuela itu di musim ini.
Lima menit kemudian, Kane nyaris saja berhasil menyamakan kedudukan andai tandukannya tak melebar ke sisi gawang.
Di paruh pertama ini, Spurs sebenarnya lebih menguasai jalannya pertandingan. Mereka mencatatkan penguasaan bola sebesar 68%. Tak cuma itu saja, total 10 tembakan berhasil dilepaskan The Lilywhites namun hanya dua saja yang tepat sasaran.
Dua menit usai turun minum, Spurs kembali mendulang peluang. Sayang, tendangan Kane masih kanan Kane masih bisa diamankan Ben Foster.
ADVERTISEMENT
West Brom juga bukan tanpa ancaman. Adalah Matt Phillips yang hampir mengandakan keunggulan mereka di menit 55 jika sepakannya tak melebar tipis di sisi kiri gawang tuan rumah.
Setelah tak kunjung berbuah hasil, Pochettino kemudian memasukkan Fernando Llorente dan Mousa Dembele untuk menambah daya gedor sekaligus memperkuat lini tengah mereka.
Siasat pelatih asal Argentian itu terbukti manjur. Di menit 74, Spurs sukses memecah kebuntuan melalui Kane yang meneruskan umpan matang Alli dari sisi kiri pertahanan West Brom.
Gareth Barry yang tampil apik di lini tengah mesti ditarik keluar akibat cedera. Posisinya kemudian digantikand oleh Claudio Yacob di menit 79.
Sejatinya Spurs rutin memborbardir barisan pertahanan The Baggies melalui aksi Alli dan sepasang peluang Kane. Akan tetapi usaha mereka sia-sia, tak ada lagi gol tercipta hingga wasit Mike Jones meniup peluit panjang. Laga berkahir dengan skor 1-1.
ADVERTISEMENT