• 2

Ketika Cantona Mendukung Benzema Kembali ke Timnas Prancis

Ketika Cantona Mendukung Benzema Kembali ke Timnas Prancis


Karim Benzema

Dua tahun sudah Benzema tak perkuat Prancis. (Foto: Reuters/Javier Barbancho)
Tak ada nama Karim Benzema di balik hingar-bingar skuat Tim Nasional (Timnas) Prancis. Terhitung sudah dua tahun lebih penyerang Real Madrid itu tak lagi memperkuat Prancis.
Eric Cantona, legenda tim yang sama, turut bersuara atas nasib yang menimpa Benzema. Pemain yang berhasil mempersembahkan Piala Eropa U-21 edisi 1988 itu mengharapkan kehadiran Benzema dalam skuat "Tim Ayam Jantan".
"Jelas kami ingin melihat pemain terbaik, saya ingin melihat Karim Benzema di tim Prancis dan menurut saya, saya bukan satu-satunya," kata Cantona kepada France Inter.
Ungkapan Cantona tersebut dipicu setelah Didier Deschamps masih bersikeras tidak memanggil Benzema ke dalam skuatnya. Senin waktu setempat, Deschamps mengatakan jika dirinya bosan membahas tentang peluang Benzema masuk ke skuat Prancis.
Perlu diketahui, Cantona juga pernah mengalami nasib seperti Benzema. Setelah tragedi tendangan kung-fu pada Januari 1995, legenda hidup Manchester United itu tak pernah lagi memperkuat Prancis di ajang internasional.
Bukan cuma Cantona seorang, Aime Jacquet yang saat itu menjabat sebagai pelatih Les Bleus juga tak mengikutsertakan David Ginola dan Jean-Pierre Papin pada Piala Eropa 1996.
Sementara keputusan Deschamps untuk menepikan Benzema bukan tak berdasar. Pada 2015 lalu, Benzema sempat tersangkut pemerasan sehubungan dengan skandal video seks yang juga melibatkan Mathieu Valbuena.
Hingga saat ini, kasus tersebut belum juga tuntas. Bahkan, pengacara Benzema menuduh jika ada oknum yang memanipulasi agar kliennya "terlihat" bersalah dalam kasus yang dimaksud.
Oleh karena itu, Didier Deschamps lebih memilih Antoine Griezmann, Olivier Giroud, Kevin Gameiro, dan Alexandre Lacazette sebagai opsi penyerang dalam skema 4-4-2 yang diterapkannya.
Terlebih performa Benzema bersama Real Madrid di musim ini memang tak begitu mentereng. Dari sembilan penampilannya di ajang La Liga dan Liga Champions, Benzema cuma menghasilkan sebiji gol dan dua assist.
Benzema sendiri menjalani laga debutnya di Timnas Prancis pada November 2008 lalu, saat dipanggil Raymond Domenech untuk menghadapi laga uji tanding kontra Yunani. Setelah itu, pemain berusia 29 tersebut rutin memperkuat Prancis di ajang Piala Eropa 2008 dan 2012 serta Piala Dunia 2014 dan sudah mengemas 27 gol dari 81 penampilannya bersama Les Bleus.


SportsSepak BolaPiala DuniaTimnas Prancis

500

Baca Lainnya