• 0

PUBLISHER STORY

Mahasiswa IAI Sunan Giri Gelar Penyuluhan Pakan Ternak

Mahasiswa IAI Sunan Giri Gelar Penyuluhan Pakan Ternak


Reporter: Muhammad Qomarudin
blokBojonegoro.com - Mahasiswa Institut Agama Islam (IAI) Sunan Giri Bojonegoro, yang sedang menempuh Kuliah Kerja Nyata (KKN) di Desa Bareng, Kecamatan Sugihwaras, Kabupaten Bojonegoro mengadakan penyuluhan pakan ternak dan pengelolaan pupuk organik dari kotoran ternak, Kamis (15/2/2018).
Acara yang dihadiri oleh 40 masyarakat desa setempat tersebut juga mengahdirkan Dinas Perikanan dan Perternakan (Disnakkan) Kabupaten Bojonegoro, sebagai Narasumber. Yang mana, turut mendorong masyarakat untuk segera membentuk kelompok peternak, agar informasi maupun progam yang disalurkan oleh pemerintah bisa sampai kepada masyarakat.
"Guna adanya kelompok peternak sebagai kejelasan untuk menerima bantuan maupun pengelolaan," terang Kasi Bidang Pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) Disnakkan, Aris Eko Prasetio.
Ia juga mengimbau kepada masyarakat Bareng, yang notabenenya 80 persen adalah peternak sapi, agar tidak terlalu sering menggunakan pakan fermentasi (buatan). Pasalnya, jika penggunaan pakan fermentasi terus menerus, akan berdampak kepada kesehatan ternak tersebut.
"Fermentasi diperbolehkan tetapi jangan terlalu sering, karena pakan yang baik tetaplah rerumputan," lanjutnya kepada seluruh masyarakat.
Sementara itu, Ibu Kades Bareng menuturkan sangat berterimaksih sekali atas diselenggarakan kegiatan penyuluhan. Karena, dengan adanya penyulahan itu menjadi awal yang bagus terhadap peternak, khususnya dalam pengelolaan kotoran ternak secara organik.
"Kita bisa tahu bagaimana mengelola kotoran ternak yang bagus itu seperti apa dan tentunya bisa bermanfaat kembali untuk kesejah teraan para petani," terang Sulastri. Untuk kedepanya, agar penyuluhan tersebut terlaksana, pihak pemerintah desa akan melakukan pengawalan langsung untuk pengelolaan pupuk organik dari kotoran sapi itu.
Moch. Rahman Hakim selaku Koordinator Desa KKN IAI Sunan Giri Desa Bareng menambahkan, bahwa penyuluhan tersebut merupakan inisiasi dari 2 hal. Yang mana, bertujuan mengentaskan permasalahan limbah kotoran sapi dan mengembangkan aset peternakan sapi di desa bareng kec. Sugihwaras.
"Semoga apa yang dilakukan oleh sahabat-sahabat KKN bisa berguna bagi masyarakat Desa Bareng," tutupnya kepada blokBojonegoro.com.[din/lis]

Bojonegoro

presentation
500

Baca Lainnya