Pencarian populer

Nenek Bawa Surat Undangan Kenduri ke TPS di Bojonegoro, Hoaks!

Reporter: Cek Fakta Blok Media Group

blokBojonegoro.com - Di media sosial beredar foto seorang nenek yang datang ke TPS dengan membawa undangan kenduri. Foto itu menyebar dari satu akun ke akun lain.

Bahkan, di salah satu grup Facebook di Bojonegoro menyebutkan, peristiwa itu terjadi di TPS 23 Desa Sukorejo, Kecamatan Bojonegoro.

Di grup Facebook itu diposting pukul 17.07 WIB. Hingga pukul 21.07 WIB ada 676 reaksi dari emoticon jempol, tertawa dan sedih. Sedangkan komentar mencapai 112 dan telah disebarkan sebanyak 30 kali.

Foto di grup Facebook itu mendapat respon beragam. Ada yang merasa kasihan pada nenek itu, ada yang jengkel pada anak dan cucu nenek itu, dan ada pula yang menertawakan.

"YMesake mbahe ojo buli .kualat," komentar salah satu akun Facebook.

"Se umpana ada dr ibu atau nenek anda trus di fto dfiralkan seperti yg anda komen hari ini tangapan anda sbagai anak atau cucu atau kluarga atau tetanga gmana malu apa tdk, anda harus memaklumi krnh usia sypapn bisa sprti itu, jd jngn djdikn bhn cndaan kawan kashn kluargany jika melht fto si mbhnya di jdkn bhn trtwa," komentar akun yang lain.

Anggota grup yang lainnya juga bingung karena menemukan foto yang sama di grup informasi di Tuban. " Ini foto tadi ada juga di miot katanya terjadi di Jenu Tuban, sekarang di Bojonegoro kabarnya terjadi di Sukorejo," komentarnya.

Penelusuran:

Sekitar pukul 19.00 WIB Tim Cek Fakta Blok Media Group [blokBojonegoro.com dan blokTuban.com] melakukan penelusuran ke lokasi. Setelah dari Balai Desa Sukorejo, tim menuju lokasi TPS 23 seperti yang tercantum dalam postingan di grup Facebook.

TPS 23 Desa Sukorejo, Kecamatan/Kabupaten Bojonegoro berada di Jalan Basuki Rahmad, Gang Asrama Polisi (Aspol) dan masuk lagi ke dalam gang arah utara.

Setiba di lokasi, salah satu anggota Linmas di TPS 23 bertanya tujuan tim ke TPS. Anggota Linmas memastikan, bahwa seharian di TPS peristiwa itu tidak terjadi di tempat tersebut. Pun setelah melihat foto lokasi, dari lingkungan dan jenis pagar, Tim juga tidak menemukan model pagar dan cat yang menyerupai foto dalam postingan.

Melalui jaringan, Tim Cek Fakta juga mendapat kabar bahwa foto itu juga menyebar di Bondowoso.

Kesimpulan: TIDAK BENAR

Peristiwa itu tidak terjadi di TPS 23 Desa Sukorejo, Kecamatan/Kabupaten Bojonegoro. Foto itu terus menyebar dari akun Facebook satu ke akun lain, dan grup Facebook satu ke grup lain. Sementara ini, belum jelas dari mana informasi awal itu muncul, dan di mana lokasi kejadian dari foto tersebut.

Link berita: http://blokbojonegoro.com/2019/04/17/cek-fakta-nenek-bawa-surat-undangan-kenduri-ke-tps-di-bojonegoro-hoaks/

Tulisan ini adalah kiriman dari publisher, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Bagikan ide, informasi, momen dan cerita kamu melalui
kumparan
Dengan ini kamu menyetujui syarat
& layanan dari kumparan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan & Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: web: