Pencarian populer

Tuban Sabet Penghargaan Anugerah Parahita Ekapraya 2018

Reporter: Khoirul Huda

blokTuban.com - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tuban kembali meraih sebuah penghargaan. Kali ini penghargaan tersebut sebagai bentuk pengakuan atas komitmen dalam upaya mewujudkan kesetaraan dan keadilan gender, melalui Strategi Pengarusutamaan Gender (PUG) berbuah Anugerah Parahita Ekapraya (APE) Tahun 2018 Kategori Pratama dari Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (P3A) RI.

Penghargaan tersebut diserahkan langsung oleh Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (P3A), Yohana Yembise kepada Bupati Tuban, H. Fathul Huda yang didampingi oleh Kepala Dinas Sosial, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Disnsos P3A) Tuban, Nurjanah di Istana Wakil Presiden RI, Jakarta.

Dalam sambutannya, Wakil Presiden (Wapres) RI Jusuf Kalla mengatakan, bahwa kesetaraan gender sejatinya merupakan kesamaan kondisi bagi laki-laki dan perempuan untuk memperoleh kesempatan sebagai manusia, agar mampu berperan dan berpartisipasi dalam kegiatan politik, ekonomi, sosial-budaya, dan keamanan. Serta kesamaan dalam mengolah dan menikmati hasil pembangunan.

Wapres menambahkan kedepan diharapkan semua stakeholder terkait secara serius dapat bekerja sama dan berkolaborasi menjadikan perempuan dan anak berada pada garis aman, mandiri, bermartabat dan berkualitas.

"Untuk memastikan hal itu memang tidaklah mudah, tetapi dengan berbagai kebijakan yang ada saat ini serta kepedulian Pemerintah Daerah (Pemda) diharapkan dapat menurunkan angka kekerasan terhadap perempuan dan anak, trafficking, dan memastikan perempuan memiliki akses sumber daya ekonomi," terang Wakil Presiden RI.

Sementara itu, Bupati Tuban H. Fathul Huda usai menerima penghargaan ini memberikan apresiasi dan terima kasih kepada Dinsos P3A bersama semua OPD dan stakeholder terkait yang telah serius dalam melaksanakan dan mengawal jalannya program PUG dan pemberdayaan Perempuan di Kabupaten Tuban.

"Program PUG bertujuan agar terwujudnya suatu keadilan dan kesetaraan antara laki-laki dan perempuan, tetapi setara di sini tentu harus sesuai dengan kodratnya masing-masing.” ujar Bupati Huda.

Dia berharap dengan diperolehnya penghargaan APE semoga dapat lebih meningkatkan perhatian masyarakat terhadap peran perempuan dalam berbagai bidang, penghargaan ini juga diharapkan dapat menekan angka kejahatan terhadap perempuan dan anak di Kabupaten Tuban.

Terpisah, Kepala Dinsos P3A Kabupaten Tuban, Nurjanah mengatakan, berbagai program kegiatan PUG dan pemberdayaan perempuan telah dijalankan oleh Dinsos P3A seperti Pembangunan Sistem Pendataan Dinamika Gender, Fasilitasi Pengembangan Pusat Terpadu Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (P2TP2A), Fasilitasi Pemberdayaan Keluarga bersama PKK serta Pembinaan dan Pelatihan Keterampilan Kerja bagi anggota Organisasi Perempuan di Kabupaten Tuban.

"Diraihnya Penghargaan APE tahun 2018 ini tidak lepas dari berbagai Inovasi dari Dinsos P3A seperti dibentuknya PARALEGAL, yaitu orang sipil yang dilatih dalam pendampingan kasus kekerasan pada perempuan dan anak (bukan pada ranah hukum), dan program PERMATA (Persalinan Aman dan Tertata) dengan tujuan menurunkan angka kematian ibu dan bayi di Tuban," pungkas Nurjanah. [hud/rom]

Tulisan ini adalah kiriman dari publisher, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan
Bagikan ide, informasi, momen dan cerita kamu melalui
kumparan
Dengan ini kamu menyetujui syarat
& layanan dari kumparan
Rabu,22/05/2019
Imsak04:25
Subuh04:35
Magrib17:47
Isya19:00
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan & Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: 1.1.22