news-card-video
Jakarta
imsak
subuh
terbit
dzuhur
ashar
maghrib
isya

2020, Papua Targetkan Bebas Sampah Plastik

Konten Media Partner
4 Juni 2018 12:31 WIB
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
2020, Papua Targetkan Bebas Sampah Plastik
zoom-in-whitePerbesar
ADVERTISEMENT
Sampah plastik yang biasa digunakan pada air minuman kemasan. (BUMIPAPUA.COM/Katharina)
ADVERTISEMENT
Jayapura, BUMIPAPUA.COM – Papua akan bebas sampah plastik pada 2020. Pencanangan bebas sampah plastik dilakukan bersamaan dengan peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia yang biasa diperingati setiap 5 Juni.
Sampah plastik menjadi masalah di Papua karena sampai saat ini masih minim kesadaran warga setempat dalam penggunaan sampah plastik.
Penjabat Gubernur Papua, Soedarmo menyebutkan kesadaran pembatasan penggunaan sampah plastik harus ditanamkan dalam pribadi masing-masing. Termasuk pada setiap Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD), harus memiliki komitmen agar tak lagi menggunakan sampah plastik.
“Bebas sampah plastik juga untuk sukses PON 2020, termasuk dalam penggunaan imitasi Burung Cenderawasih. Semua ini bisa tercapai dengan kesadaran bersama,” jelas Soedarmo, pada Upacara Hari Lingkungan Hidup Sedunia di Kantor Otonom Kota Jayapura, Papua, Senin (4/6).
ADVERTISEMENT
Soedarmo menambahkan pembatasan sampah plastik harus dilakukan mulai keluarga, termasuk hingga RT/RW. “Jangan lupa siapkan tempat sampah yang akan digunakan untuk menampung sampah plastik, agar dapat didaur ulang,” kata Soedarmo.
Kepala Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Papua, Martha Mandosir menyebutkan Papua bebas sampah plastik harus dilakukan dengan program nyata, agar sampah plastik bisa didaur ulang untuk menambah nilai ekonomi. Program dilakukan dari keluarga, RT/RW, agar terjadi pemilahan sampah plastik, mulai dari rumah tangga.
“Harus ada lembaga yang khusus mengurusi sampah plastik. Saat ini, kami hanya memiliki laboratorium lingkungan,” ujar Martha.
Data dari Dinas BLH Kota Jayapura per 2016, dalam satu tahun produksi sampah plastik di Kota Jayapura diperkirakan 368 ton, dengan asumsi setiap orang menghasilkan 700 lembar kantong plastik per tahun.
ADVERTISEMENT
Kantong plastik yang menjadi sampah di Kota Jayapura, tidak semuanya dibawa ke Tempat Pembuangan Akhir (TPA), tetapi banyak yang dibuang ke kali yang kemudian terbawa air sampai ke laut. (Katharina)