Pencarian populer

Bawaslu Kota Jayapura Ingatkan KPU Bagi Surat Undangan Tepat Waktu

Surat undangan (DokL Kumparan)

Jayapura, BUMIPAPUA.COM – Bawaslu Kota Jayapura ingatkan KPU setempat untuk membagikan C6 atau surat undangan kepada pemilih di Kota Jayapura tepat waktu, atau H-3 sebelum pelaksanaan pemilu.

Koordinator Divisi Pencegahan dan Hubungan Antar Lembaga Bawaslu Kota Jayapura, Hardin Halidin menuturkan harusnya C6 sudah disebar oleh KPU minggu lalu, sehingga H-3 sudah harus di bagi oleh Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS).

Sesuai dengan regulasi PKPU No. 3/2019 tentang Pemungutan dan Penghitungan Suara, pasal 13, berbunyi Ketua KPPS dibantu anggota KPPS menyampaikan formulir C6-KPU, untuk memberikan suara kepada wilayah kerjanya paling lambat 3 hari sebelum hari dan tanggal pemungutan suara.

“PKPU 3/2019 ini sudah diubah dengan PKPU 9/2019, tapi terkait pasal 13 tadi, tidak mengalami perubahan,” kata Hardin, Minggu (14/4).

Pembagian C6 kepada pemilih di Kota Jayapura sangat diantisipasi Bawaslu setempat, karena bercermin pada Pilkada Gubernur Papua tahun lalu, bahwa hingga hari pelaksanaan pemilihan, sebagian besar warga di Kota Jayapura tak mendapatkan surat undangan.

Mama Maria, warga Perumnas II Waena mengaku sedang menunggu distribusi C6 diterima langsung di tangannya. Ia menyebutkan pengalaman pada tahun lalu, saat Pilkada Gubernur Papua, dirinya tak mendapatkan surat undangan, termasuk namanya tak ada dalam TPS tempat biasanya ia memilih.

Padahal Mama Maria sudah puluhan tahun tinggal di pemukiman padat penduduk tersebut. “Ini Sa (saya) curiga, nama trada (tidak ada) lagi kah apa di TPS,” katanya.

Walau begitu, Maria dan keluarganya tetap bisa menggunakan hak pilihnya dengan menggunakan e-KTP. “Pakai e-KTP saja, sama seperti tahun lalu, yang pentingi bisa nyoblos,” ujarnya.

Sementara itu, Ketua KPU Kota Jayapura, Oktovianus Injama mengaku C6 telah disiapkan sejak semalam dan mulai disebarkan ke warga hari ini, Minggu (14/4). “Nanti KPPS yang akan menyalurkan sampai ke warga,” jelasnya, melalui telepon selularnya. (Katharina)

Tulisan ini adalah kiriman dari publisher, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Bagikan ide, informasi, momen dan cerita kamu melalui
kumparan
Dengan ini kamu menyetujui syarat
& layanan dari kumparan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan & Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: web: