Pencarian populer

BBM Satu Harga Kembali Hadir di Pedalaman Papua

Saat peresmian BBM Satu Harga di SPBU Kompak di Kampung Dosumo, Distrik Abenaho, Kabupaten Yalimo, Papua. (Foto Pratiwi)

Yalimo, BUMIPAPUA.COM – Bahan bakar minyak (BBM) Satu Harga kembali hadir di pedalaman Papua, tepatnya Distrik Abenaho, Kabupaten Yalimo. Kehadiran BBM Satu Harga membuat warga Kampung Dosumo, Erehu Kepno merasa terharu senang, walau Kabupaten Yalimo memiliki satu SPBU di Elelim tapi kebutuhan masih kurang.

"Kami pada umumnya di Kabupaten Yalimo khususnya di Distrik Abenaho mengalami kesulitan mendapatkan BBM. Jarak yang harus kami lalui cukup jauh ke Elilem. Sehingga, hadirnya SPBU Kompak di Abenaho sangat membantu kami. Apalagi jalan disini, jalan strategis Jayapura ke Yalimo ataupun sebaliknya Wamena ke Elelim," jelas Erehu.

Untuk rute pengiriman BBM ini melalui Timika dengan jalur udara Air Tractor ke Elelim dan dilanjutkan dengan jalan darat ke Distrik Abenaho. Beroperasinya lembaga penyalur ini, tentunya Pertamina berharap perlu ada dukungan berbagai pihak terkait, seperti Kementerian ESDM, BPH Migas, pemerintah daerah, dan aparat kepolisian.

Menurut Region Manager Retail Fuel Marketing VIII Fanda Chrismianto, beroperasinya lembaga penyalur BBM Satu Harga ini, jelas juga perlu ada pengawasan dan peran aktif masyarakat, agar BBM Satu Harga dapat berjalan dengan tepat, sasaran sehingga bisa dirasakan manfaatnya bagi masyarakat. “Program ini bagian dari program BBM Satu Harga di wilayah Papua dengan menambah jumlah lembaga penyalur BBM,” katanya.

Marketing Operation Region VIII terus mewujudkan komitmen untuk menyalurkan energi berkeadilan bagi masyarakat di wilayah terluar, terdepan, dan tertinggal (3T). Peresmian ini dilakukan bersama dengan Badan Pengatur Hilir Minyak dan Gas Bumi (BPH Migas), di Distrik Abenaho, Kabupaten Yalimo, SPBU Kompak.

Menurut Fanda, beroperasinya SPBU Kompak di wilayah Abenaho merupakan wujud komitmen Pertamina agar masyarakat Papua, khususnya di wilayah Kabupaten Yalimo bisa mendapatkan BBM dengan harga yang sama di wilayah lainnya.

"Sebelum adanya SPBU ini, masyarakat Yalimo harus menempuh jarak kurang lebih 180 kilometer, guna mendapatkan BBM dan kalaupun ada di Yalimo, harga Premium Rp25 ribu dan Solar Rp 35ribu per liter," kata Fanda.

Tapi diresmikannya SPBU Kompak di Distrik Abenaho, kata Fanda, maka warga sekitar bisa mendapatkan BBM di wilayahnya sendiri dan menikmati harga yang sama dengan wilayah-wilayah lainnya di Indonesia yakni Premium Rp6.450 per liter dan harga Solar Rp5.150 perliter.

Kepala BPH Migas, Fanshurullah Asa menjelaskan, dengan resmi beroperasinya titik BBM Satu Harga di wilayah Yalimo akan membantu masyarakat menggerakkan roda perekonomian. "SPBU ini yang ke 123 yang kita resmikan se-Indonesia, dari target kami 170 SPBU. Kami harapkan dengan hadirnya SPBU ini dapat membantu masyarakat," paparnya.

SPBU Kompak ini melayani masyarakat dengan menyediakan BBM jenis premium dan solar dengan kapasitas Premium 50 KL dan Solar 10 KL yang dipasok dua kali dalam sebulan, serta memiliki fasilitas penyimpanan berupa drum besi dan drum plastik untuk menampung BBM. (Pratiwi)

Tulisan ini adalah kiriman dari publisher, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan
Bagikan ide, informasi, momen dan cerita kamu melalui
kumparan
Dengan ini kamu menyetujui syarat
& layanan dari kumparan
Senin,20/05/2019
Imsak04:25
Subuh04:35
Magrib17:47
Isya18:59
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan & Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: 1.1.20