kumparan
15 Apr 2019 18:23 WIB

BNI Bangun Hunian Sementara Pengungsi Banjir Bandang Sentani

Rumah warga yang terseret banjir bandang Sentani 16 Maret 2019. (BumiPapua.com/Katharina)
Jayapura, BUMIPAPUA.COM – Pemerintah Provinsi Papua bekerjasama dengan Bank Negara Indonesia (BNI) menyiapkan perumahan sementara untuk pengungsi, pasca banjir bandang yang menerjang Sentani 16 Maret 2019 lalu.
ADVERTISEMENT
Gubernur Papua, Lukas Enembe menyebutkan pihaknya telah berkomunikasi dengan BNI, untuk pembangunan rumah sementara itu.
Setelah pengungsi berada di rumah sementara, maka pemerintah akan membangun rumah permanen yang rencananya akan dibangun pada salah satu lokasi yang terletak di ruas Jalan Trans Papua yang menghubungkan Jayapura-Wamena.
“Minggu depan saya akan melihat kembali lokasi relokasi, agar dapat memindahkan warga yang masih tinggal di kaki Gunung Cycloop, tidak boleh lagi tinggal disana,” ujarnya.
Kata Lukas, mekanisme pembebasan lahan di lokasi yang baru akan dinegosiasikan dengan pemilik hak ulayat tanah. “Masyarakat yang tidak punya rumah hari ini dan masih mengungsi akan dipindahkan dengan cara apapun,” ujarnya.
Sementara ditanya soal nasib warga yang juga kehilangan rumahnya yang berstatus KPR/Perumahan subsidi pemerintah, Gubernur Lukas menegaskan bahwa itu murni tanggung jawaba developer atau pengembang rumah. (Pratiwi)
ADVERTISEMENT
Tulisan ini adalah kiriman dari publisher, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan