News
·
27 Juli 2021 19:12
·
waktu baca 2 menit

Bulog Papua Jamin Stok Beras Aman Jelang PPKM Level 4

Konten ini diproduksi oleh Bumi Papua
Bulog Papua Jamin Stok Beras Aman Jelang PPKM Level 4  (1072951)
searchPerbesar
Gudang Bulog di Kota Jayapura, Ppaua. (BumiPpaua.com/Katharina)
Jayapura, BUMIPAPUA.COM- Perum Bulog Kanwil Papua dan Papua Barat menyiapkan 30 ribu ton beras, jelang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat ( PPKM) level 4 yang rencananya akan diterapkan di Papua.
ADVERTISEMENT
Kepala Perum Bulog Kanwil Papua dan Papua Barat, Mohamad Alexander menjelaskan stok operasional beras Bulog khusus Papua, per tanggal 27 Juli 2021, sebanyak 17.455 ton dan sisanya di Papua Barat.
"Untuk ketersediaan stok beras sangat cukup, berkisar 30 ribu ton dan bertahan hingga Desember 2021," jelasnya, saat dihubungi BumiPapua.com lewat gawainya pada Selasa (27/5).

Beras Lokal Merauke

Mohamad menjelaskan untuk Merauke yang menjadi sentra produksi padi di Papua, saat ini Bulog masih bisa melakukan penyerapan pengadaan beras.
"Bulan Agustus-Desember masih dilakukan penyerapan beras petani Merauke dan masih berlangsung saat ini," katanya.
Kata Mohamad, selain ketersediaan jelang PPKM 4 di Papua, Bulog setempat juga menyalurkan bantuan beras dari Presiden Jokowi.
Untuk keluarga penerima manfaat (KPM) Papua lebih dari 1.500 ton beras, sementara jumlah PKM Papua dan Papua Barat mencapai 1.693 ton. Penyaluran tahap pertama sudah dilakukan sejak 18 Juli.
ADVERTISEMENT
"Untuk penyalurannya di Papua Barat mencapai 63 persen. Untuk di Papua penyaluran masih 14 persen, hal ini dikarenakan sejumlah daerah kondisi geografisnya sulit, termasuk faktor keamanan. Untuk penyaluran ini, Bulog dikawal BPKP dan kepolisian setempat," jelasnya.
Perum Bulog Kanwil Papua dan Papua Barat berharap Dinas Sosial setempat aktif dalam penyaluran bantuan pemerintah ini.
"Termasuk pejabat pemerintahan tingkat lurah bisa aktif dalam membantu penyaluran bantuan ini. Intinya, stok beras ada di gudang Bulog, sedangkan Dinas Sosial hingga pejabat pemerintahan sampai ke kelurahan aktif berkoordinasi dengan pendamping pembagian beras ini," katanya.
Rencananya, pemerintah Provinsi Papua akan menerapkan PPKM Level 4 pada 1-28 Agustus 2021. Walau belum ada pernyataan resmi dari pemerintah setempat, namun wacana ini sudah dihembuskan oleh Asisten I Sekda Papua, Doren Wakerkwa. Ia menyebutkan PPKM Level 4 yang sebelumnya disebut oleh pemerintah Papua dengan istilah lockdown akan dilakukan jelang PON Papua, agar angka COVID-19 di Papua bisa turun saat pelaksanaan PON XX yang akan dilaksanakan pada Oktober 2021.
ADVERTISEMENT