Pencarian populer

Dana Otsus Papua Sudah Cair dan Segera Dikirim ke Pemerintah Daerah

Sekda Papua, Hery Dosinaen saat diwawancara wartawan. (Foto Pratiwi)
Jayapura, BUMIPAPUA.COM – Sekertaris Daerah (Sekda) Provinsi Papua, Hery Dosinaen menyampaikan, dana otonomi khusus (otsus) untuk Papua sudah cair dan akan segera dikirim ke pemerintah daerah kabupaten dan kota di Papua. Sehingga dengan cairnya dana otsus ini, maka daya serap anggaran diharapkan bisa 100 persen.
ADVERTISEMENT
“Kemarin Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah Papua telah melaporkan bahwa, perjuangan untuk dana otsus di Kementerian Keuangan sudah selesai dan akan dikirim,” kata Hery kepada wartawan di Kota Jayapura, Kamis (18/7).
Menurut Hery, dalam waktu ini dana otsus itu akan segera ditransferkan dan tentunya terdistribusi ke kabupaten -kota sebagai penyelenggara pemerintah. “Dana yang masuk, termasuk dana insfrakturktur juga. Cairnya dana otsus ini, maka penyerapan anggaran pasti akan naik. Sebab sebagian besar penyerapan berasal dari dana otsus,” jelasnya.
Sebelumnya, seminggu lalu, Kepala Bappeda Provinsi Papua, Muhammad Musa’ad mengatakan, daya serap anggaran tahun 2019 di Papua baru sekitar 32 persen. Hal ini dikarenakan semua program sementara berjalan, tapi dananya belum ada. Sehingga sama seperti tahun-tahun sebelumnya.
ADVERTISEMENT
“Sebab memang APBD Papua hampir sekitar 61 persen dari dana otsus. Jadi kalau nanti sudah cair, tentu akan meningkatkan serapan anggaran,” kata Musa’ad di Kota Jayapura, Kamis (11/7). (Pratiwi)
Tulisan ini adalah kiriman dari publisher, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan dan Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: 1.1.80