kumparan
13 Apr 2019 11:47 WIB

Diawali Bunyi Ledakan, Kapal Pengangkut BBM Terbakar di Mamberamo Raya

Kebakaran dua kapal di Pelabuhan Kasonaweja, Mamberamo Raya. (Dok: Polda Papua)
Jayapura, BUMIPAPUA.COM – Kapal Motor (KM) Sumber Harapan, yang biasa digunakan sebagai alat angkut BBM Industri jenis bensin, terbakar di Pelabuhan Sungai Kasonaweja, Distrik Mamberamo Raya, Kabupaten Mambermo Raya, sekitar pukul 03.30 WIT, Sabtu (13/4).
ADVERTISEMENT
Sebelum api melahap badan kapal, terdengar bunyi ledakan. Anak buah kapal (ABK) yang berada di dalam kapal mengecek ke luar, dan menemukan kobaran api sudah membesar di bagian depan kapal.
Sekitar pukul 03.30 WIT, api semakin membesar, bahkan hampir merambat ke perumahan warga. Akhirnya, para ABK bersama warga bergerak untuk memadamkan api.
Kabid Humas Polda Papua, Kombes Pol AM Kamal, mengatakan, akhirnya tali pengikat kapal dilepas dan kapal dihanyutkan dalam kondisi api masih menyala, karena upaya pemadaman dinilai kurang berhasil.
“Api juga merambat ke bagian depan KM Tiga Samudera yang bersebelahan dengan kapal (KM Sumber Harapan) yang terbakar,” ucap Kamal, Sabtu (13/4).
Peristiwa ini tidak menimbulkan korban jiwa. Polisi lantas memeriksa dua pemilik kapal yang terbakar sebagai saksi, yakni Rasid (38 tahun), pemilik KM Sumber Harapan; dan H. Idris (54), pemilik KM Tiga Samudera, yang bagian belakang kapalnya juga ikut terbakar.
ADVERTISEMENT
“Kami juga memeriksa empat ABK KM Sumber Harapan di Polres Mamberamo Raya. Kerugian material akibat kejadian ini berkisar Rp 500 juta, baik dari kapal maupun BBM yang masih berada di dalam kapal,” jelas Kamal. (Lazore)
Tulisan ini adalah kiriman dari publisher, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan