kumparan
20 Mei 2019 21:10 WIB

Jelang Lebaran, Avtur di Maluku Papua Naik 3%

Saat Pertamina (Persero) MOR VIII jumpa pers di Kota Jayapura. (Foto Pratiwi)
Jayapura, BUMIPAPUA.COM – Pertamina MOR VIII memprediksi kenaikan avtur jelang Lebaran di empat provinsi yakni Provinsi Maluku, Maluku Utara, Papua dan Papua Barat, bakal meningkat hingga 3%.
ADVERTISEMENT
Tak hanya itu saja, kenaikan produk Premium, Pertalite, dan Pertamax juga terjadi hingga 1,8%, dibandingkan penyaluran normal.
Pejabat Sementara General Manager Pertamina MOR VIII Maluku Papua, Salahuddin menyebutkan permintaan minyak tanah juga mengalami kenaikan sebesar 8%, salah satunya dikarenakan operasi pasar jelang Lebaran.
Sementara produk Gasoil yakni bahan bakar diesel; Solar/Bio, Dexlite yang mengalami penurunan sebesar 20% yang disebabkan kendaraan truk mengalami penurunan aktivitas, baik truk proyek maupun truk angkutan serta aktivitas proyek mengalami perhentian selama Lebaran.
Kata Salahuddin, untuk memperlancar penyaluran BBM, Pertamina membentuk TIM Satuan Tugas Ramadan dan Idul Fitri (Satgas RAFI), guna menjamin kesiapan sebanyak 48 personil Satgas dan 547 personil operasional yang bertugas sejak H-15 hingga H+15 setelah Lebaran.
ADVERTISEMENT
Tim Satgas tersebar di Kantor Unit Jayapura, 20 Terminal BBM dan 1 Jobber, serta 11 DPPU (Depot Pengisian Pesawat Udara) di seluruh wilayah operasional MOR VIII Maluku-Papua.
"Kami pastikan seluruh Terminal BBM beroperasi selama periode Satgas, guna memastikan kehandala sarana dan fasilitas Penerimaan, Penimbunan dan Penyaluran BBM di seluruh lokasi, memonitor stok BBM dan LPG di seluruh wilayah dengan sistem komputerisasi (Sistem Informasi Management Supply & Distribution )," kata Salahuddin, Senin (20/5)
Untuk memastikan penyaluran BBM lancar, Pertamina MOR VIII menyiapkan 218 Mobil Tangki dan Truk serta memanfaatkan armada mobil tangki Industri, mempersiapkan 20 Kapal Tangker (19 Kapal type BL, Small I, Small II dan SPOB serta 1 kapal type GP), 8 Unit Pesawat Udara dan 59 Unit Kapal Laut Pengangkut BBM.
ADVERTISEMENT
Sementara itu untuk produk LPG, Pertamina juga menyiapkan 14 agen siaga dan 43 sub agen siaga di seluruh wilayah Maluku Papua. (Pratiwi)
Tulisan ini adalah kiriman dari publisher, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan