kumparan
29 Oktober 2019 20:32

Kodam XVII/Cenderawasih Sebut 385 Pengungsi Ingin Kembali ke Wamena

pengungsi kembali ke Wamena_Lanud Silas Papare.jpeg
Pengungsi kembali ke Wamena, usai rusuh terjadi pada 23 September 2019. (Dok: Lanud Silas Papare)
Jayapura, BUMIPAPUA.COM – Pasca-kunjungan Presiden Joko Widodo (Jokowi) ke Wamena pada Senin (28/10), Kodam XVII/Cenderawasih mengklaim ada 385 orang pengungsi yang ingin kembali ke Wamena.
ADVERTISEMENT
Informasi itu diketahui Kodam Cenderawasih dari Menteri Sosial, Juliari P Batubara, yang meminta dukungan pesawat Hercules kepada Panglima TNI dalam rangka mendukung pengembalian pengungsi ke Wamena.
Kapendam XVII/Cenderawasih, Kolonel Cpl Eko Daryanto yang ditemui di Kantor Penerangan Kodam Cenderawasih, menyebutkan Mabes TNI meminta penyediaan pesawat Hercules selama 3 hari untuk membantu pengungsi yang ingin kembali ke Wamena.
Kapendam yakin para pengungsi melihat kondisi di Wamena sudah semakin aman dan kondusif, sehingga pengungsi ingin kembali ke Wamena. “Mereka (pengungsi) juga ingin membantu mengembalikan perekonomian di Wamena,” katanya, Selasa (29/10).
Kapendam menambahkan Eko bersama Lanud Silas Papare akan berupaya membantu warga yang ingin kembali ke Wamena dengan menyediakan pesawat Hercules yang akan digunakan untuk mengangkut warga kembali ke Wamena.
ADVERTISEMENT
Sebelumnya, Jokowi berkunjung ke Wamena untuk memastikan situasi di Wamena telah aman dan kondusif. Dalam kunjungan itu, presiden memerintahkan dalam waktu 2 minggu Pasar Wouma sudah selesai dibangun kembali dan siap digunakan sebagai salah satu pusat perekonomian terbesar di Wamena.
Tulisan ini adalah kiriman dari publisher, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab publisher. Laporkan tulisan