Pencarian populer

Motif Penyandraan Mapenduma, Kapolda Papua: KKB Ingin Berkuasa

Jayapura, BUMIPAPUA.COM – Kepolisian Daerah Papua menduga aksi yang dilakukan kelompok kriminal bersenjata (KKB) di Mapenduma, Kabupaten Nduga, kepada tenaga guru dan kesehatan memiliki motif bahwa KKB ingin menunjukkan dirinya berkuasa di tempat itu, termasuk KKB ingin memperlihatkan bahwa tak ada penerapan hukum di Mapenduma.

Kapolda Papua, Irjen Pol Martuani Sormin, mengaku hingga kini tak ada pos keamanan di Mapeduma. “Kami dilarang membuat unit kepolsian di sana. Tapi dengan kejadian ini, kami akan membuat pos dan menempatkan pasukan,” kata Martuni, Selasa (23/10).

Martuani mengakui pelarangan pendirian pos telah dilakukan sejak lama, dengan adanya kriminalitas di Mapenduma, maka harus dilakukan tindakan hukum.

“Segala sumber daya di Papua akan dikerahkan untuk melakukan penindakan di Mapenduma. Perbuatan KKB kepada guru dan tenaga medis adalah perbuatan tak pantas dan malapetaka pada dunia pendidikan Papua,” ujarnya.

Sebelumnya, KKB pimpinan Egianus Kogeya menjadi otak dalam penyanderaan 15 orang guru dan tenaga medis di Mapenduma. Para sandera ditahan sejak 3-17 Oktober 2018, mareka boleh melakukan aktivitasnya.

KKB menduga para guru dan tenaga kesehatan menjadi mata-mata aparat keamanan dalam melaporkan aktivitas KKB di daerah itu.

(Katharina)

Tulisan ini adalah kiriman dari publisher, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan
Bagikan ide, informasi, momen dan cerita kamu melalui
kumparan
Dengan ini kamu menyetujui syarat
& layanan dari kumparan
Kamis,23/05/2019
Imsak04:26
Subuh04:36
Magrib17:47
Isya19:00
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan & Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: 1.1.22