Pencarian populer

Kisruh Ospek Uncen, Pj Gubernur Papua Ancam Setop Dana Pendidikan

Sejumlah panitia Ospek mahasiswa baru di Universitas Cenderawasih. (Foto IST)

Jayapura, BUMIPAPUA.COM – Penjabat Gubernur Papua, Soedarmo, meminta aparat keamanan dan pimpinan kampus untuk melakukan penyelidikan untuk mencari aktor yang bertanggung jawab terhadap penggunaan atribut Papua merdeka dalam kegiatan Pengenalan Kehidupan Kampus Bagi Mahasiswa Baru (PKKBMB) atau Orientasi Studi dan Pengenalan Kampus (ospek) di lingkungan Kampus Universitas Cenderawasih (Uncen) di Kota Jayapura.

Bahkan Soedarmo juga mengancam akan menghentikan bantuan dana pendidikan kepada fakultas di Uncen yang terbukti bersalah dalam kasus ini. “Kami sudah berkoordinasi dengan Rektor Uncen Jayapura menertibkan ospek yang tak sesuai standar operasional di Uncen. Sebab informasi yang saya terima, kegiatan ini tak sesuai jadwal yang telah ditetapkan,” kata Soedarmo, Selasa (14/8).

Menurut Soedarmo, ospek yang diduga menggunakan atribut Papua merdeka jelas menyimpang dari ajaran kampus. “Perlu adanya penyidikan dan ini menjadi kewenangan Polda Papua. Penindakan ini harus segera dilakukan, agar tak ada kejadian serupa,” jelasnya.

Dalam selebaran terkait ospek atau PKKBMB yang diterima BumiPapua.com terdapat 22 poin persyaratan perlengkapan yang harus disediakan mahasiswa baru FISIP Uncen. Tiga poin di antaranya, Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Uncen diwajibkan mengenakan gelang Papua bermotif Bendera Bintang Kejora di tangan kiri.

Selanjutnya, membuat papan nama ukuran 30 x 20 sentimeter yang bertuliskan nama mahasiswa atau data diri dan tulisan kata “Referendum” di papan nama itu. Nantinya papan nama ini dipakai dengan digantungkan di leher para mahasiswa baru yang mengikuti ospek atau PKKBMB di lingkungan Kampus Uncen Jayapura. (Pratiwi)

Tulisan ini adalah kiriman dari publisher, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Bagikan ide, informasi, momen dan cerita kamu melalui
kumparan
Dengan ini kamu menyetujui syarat
& layanan dari kumparan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan & Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: web: